Implementasi Business Model Canvas (BMC) untuk Meningkatkan Pengelolaan Bisnis Produk Serbuk Cangkang Tiram di Desa Alue Naga Kota Banda Aceh

Nur Izzaty, Kana Puspita, Faradilla Fadlia

Abstract


Rumoh Produksi Tiram di Desa Alue Naga, Banda Aceh, dengan didampingi oleh CV. Natural Aceh telah menjual ragam olahan produk dari tiram seperti kerupuk dan nugget tiram. Hasil pengolahan tiram meninggalkan limbah berupa cangkang tiram yang menjadi tumpukan sampah dan berdampak buruk pada lingkungan baik di darat maupun di perairan. Kelompok produksi tiram tersebut telah melakukan diversifikasi produk lebih lanjut untuk mengolah limbah cangkang tiram menjadi serbuk yang mengandung CaCO₃ dan bermanfaat sebagai adsorben serta dapat menjadi bahan baku pembuatan obat antisida. Produk tersebut bernilai komersil dan dapat dipasarkan namun masih terkendala dalam menentukan model bisnis. Oleh karena itu, pengabdian ini membantu memetakan model bisnis produk serbuk cangkang tiram dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Target utama yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya peta model bisnis produk serbuk cangkang tiram sehingga dapat menjadi konsep dan kerangka kerja acuan yang akan memudahkan pihak terkait dalam menjalankan bisnis produk serbuk cangkang tiram. Secara berkelanjutan, diversifikasi produk serbuk dari limbah cangkang tiram ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Keywords


Pengabdian Masyarakat; Diversifikasi Produk; Serbuk; Limbah Cangkang Tiram; Business Model Canvas (BMC); CaCO₃.

Full Text:

PDF

References


Birma, I., Magili, S. T., & Kaigamma, I. (2021). Adsorption of phenol over bio-based silica/calcium carbonate (CS-SiO2/CaCO3 ) nanocomposite synthesized from waste eggshells and rice husks. PeerJ Physical Chemistry, 2021(17), 1-20.

Cosentino, I., Liendo, F., Arduino, M., Restuccia, L., Bensaid, S., Deorsola, F., & Ferro, G. A. (2020). Nano CaCO3 particles in cement mortars towards developing a circular economy in the cement industry. Procedia Structural Integrity, 26 (2020), 155–165.

Daou, A., Mallat, C., Chammas, G., Cerantola, N., Kayed, S., & Saliba, N. A. (2020). The Ecocanvas as a Business Model Canvas for a Circular Economy. Journal of Cleaner Productio , 1-12.

EDIT. (2022, July 3). EDIT. Retrieved from edit.org: https://edit.org/blog/templates-create-canvas-business-model-online

Handayani, L., & Syahputra, F. (2017). Isolasi dan Karakterisasi Nanokalsium dari Cangkang Tiram (Crassostrea Gigas). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia (JPHPI), 20(3), 516-523.

Indrabayu, Areni, I. S., Nurtanio, I., Yihannes, C., Tahir, Z., Bustamin, A., . . . Mar'atuttahirah. (2020). Business Model Canvas dan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Kapasitas Pengusaha Mikro di Kabupaten Pangkep. Jurnal Tepat (Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat), 150-156.

Salisbury, B. H., & Terrell, J. M. (2021). Antacids. Maryland: StatPearls Publishing LLC.

Una. (2019). Tiram Kerupuk Diminati hingga ke Luar Negeri. Retrieved November 23, 2021, from https://aceh.tribunnews.com/2019/09/30/tiram-kerupuk-diminati-hingga-ke-luar-negeri




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.76-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ