Penyuluhan Penggunaan Listrik Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Secara Efisien di Kelurahan Jatibening Baru, Bekasi

Lydia Sari, Syah Alam, Indra Surjati, Pudji Astuti

Abstract


Wilayah RW.08 Perumahan Jatibening II Kelurahan Jatibening Baru Kecamatan Pondok Gede Bekasi adalah sebuah kawasan perumahan menengah ke atas. Masyarakat di RW tersebut banyak menggunakan peralatan listrik, termasuk untuk peralatan rumah tangga. Seringkali masyarakat tidak mengetahui beban listrik dari peralatan mana yang menimbulkan pemborosan, karena daya listrik dilihat secara keseluruhan pada kWh meter yang terpasang di rumah. Hal ini menyebabkan upaya untuk menghemat pemakaian listrik, yang diharapkan dapat berimbas ke penghematan biaya, menjadi tidak mudah. Selain itu, pemahaman mengenai pengaturan pembebanan listrik di rumah tangga juga penting untuk mencegah bahaya kebakaran akibat kerusakan peralatan atau instalasi listrik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait efisiensi energi listrik rumah tangga yang meliputi perhitungan biaya listrik berdasarkan daya, waktu pengoperasian peralatan, serta tarif dasar listrik yang ditetapkan oleh PLN. Selain itu juga dipaparkan alternatif peralatan listrik yang dapat digunakan untuk menghemat energi, termasuk panel surya. Dari hasil pre-test dan post-test, diketahui tingkat pemahaman peserta meningkat hingga 131% setelah pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan telah meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait penghematan energi listrik.

Keywords


efisiensi, tarif dasar, listrik, panel surya

Full Text:

PDF

References


Upaya Meningkatkan Kesadaran Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Listrik 2015-2020.

Cahyono Adi, A., & Lasnawatin, F. (2021). Handbook of Energy and Economic Statistics of Indonesia 2021.

Hambaly, E. Y., Setiawati, M., & Majid, A. (2018). Menghindari Bahaya Kebakaran melalui Instalasi Listrik yang Benar dan Aman. Ethos Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 6(2).

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No.28, (2016).

Permatasari, R. F., Wati, R., Hanifah, P., & Misriyanti. (2018). Kampanye Hemat Listrik Terhadap Efisiensi Energi Pada Ibu Rumah Tangga yang Bekerja. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2).

Rosalina, & Ma’mun, A. H. (2021). Program Pendidikan Keluarga Sebagai Masyarakat Akan Pentingnya Menghemat Energi Listrik Guna Mengefisienkan Pengeluaran Keuangan Keluarga. Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.6.1.27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ