Pelatihan Membuat Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Raudhatul Athfal dan Madrasah Ibtidaiyah di Yayasan Baitul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.83-86Abstract
Pada masa pandemi ini, guru tidak lagi berperan sebagai sumber utama pembelajaran. Sebaliknya, mereka sekarang berperan sebagai fasilitator yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi yang berkembang untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Untuk membantu mitra dalam hal ini, dengan guru-guru Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Yayasan Baitul Ulum, diberikan pelatihan pembuatan blog. Blog juga digunakan sebagai sarana pembelajaran tambahan dan sebagai alat literasi digital guru. Platform ini berfungsi sebagai media pembelajaran berbasis blogger dan menerapkan pendekatan konstektual untuk hasil Pendidikan secara daring. Metode yang digunakan diantaranya (1) Konsep pemanfaatan weblog dalam penyebaran informasi di bidang Pendidikan, (2) Pengenalan blog yang akan digunakan blogspot, (3) Praktik cara menggunakan blog secara dasar (4) Praktik cara mengisi konten dalam blog, berupa: teks, gambar, maupun video dan (5) pengenalan media pembelajaran lainnya. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ini, kami telah menemukan bahwa blog dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah media pembelajaran yang berbeda di sekolah. Diharapkan ke depan, guru-guru dapat menggunakan blog sebagai alat pembelajaran untuk menarik perhatian dan minat siswa.References
Mubaroh, S., Fujiyanti, L., & Pratiwi, I. R. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media pembelajaran dan sarana literasi digital guru. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), 107-117.
Syawanodya, I., Rohayati, E., & Suhartini, T. (2021). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Video Blogging Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 6(1), 27-36.
Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2022). Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 1-7.
Sucipto, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, (Vol. 1, No. 2, Hal. 32-39).
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Adri, M. (2008). Guru Go Blog: Optimalisasi Blog Untuk Pembelajaran. Padang: Elex Media Komputindo.
Sudrajat, A., & Zulkarnain, Z. (2013). Pengembangan Media Blog Sejarah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Universitas Negeri Yogyakarta.
Rouse, M. (2007, November). What is blog (weblog) ? Diambil dari https://searchwindevelopment.techtarget.com/definition/blog
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).