Pelatihan Membuat Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Raudhatul Athfal dan Madrasah Ibtidaiyah di Yayasan Baitul Ulum

Riza Samsinar, Deni Almanda, Bambang Irawan, Sufirman Sufirman, Nelfiyanti Nelfiyanti, Moh Mustofa

Abstract


Pada masa pandemi ini, guru tidak lagi berperan sebagai sumber utama pembelajaran. Sebaliknya, mereka sekarang berperan sebagai fasilitator yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi yang berkembang untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Untuk membantu mitra dalam hal ini, dengan guru-guru Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Yayasan Baitul Ulum, diberikan pelatihan pembuatan blog. Blog juga digunakan sebagai sarana pembelajaran tambahan dan sebagai alat literasi digital guru. Platform ini berfungsi sebagai media pembelajaran berbasis blogger dan menerapkan pendekatan konstektual untuk hasil Pendidikan secara daring.  Metode yang digunakan diantaranya (1) Konsep pemanfaatan weblog dalam penyebaran informasi di bidang Pendidikan, (2) Pengenalan blog yang akan digunakan blogspot, (3) Praktik cara menggunakan blog secara dasar (4) Praktik cara mengisi konten dalam blog, berupa: teks, gambar, maupun video dan (5) pengenalan media pembelajaran lainnya. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ini, kami telah menemukan bahwa blog dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah media pembelajaran yang berbeda di sekolah. Diharapkan ke depan, guru-guru dapat menggunakan blog sebagai alat pembelajaran untuk menarik perhatian dan minat siswa.

Full Text:

PDF

References


Mubaroh, S., Fujiyanti, L., & Pratiwi, I. R. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media pembelajaran dan sarana literasi digital guru. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), 107-117.

Syawanodya, I., Rohayati, E., & Suhartini, T. (2021). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Video Blogging Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 6(1), 27-36.

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2022). Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 1-7.

Sucipto, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, (Vol. 1, No. 2, Hal. 32-39).

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Adri, M. (2008). Guru Go Blog: Optimalisasi Blog Untuk Pembelajaran. Padang: Elex Media Komputindo.

Sudrajat, A., & Zulkarnain, Z. (2013). Pengembangan Media Blog Sejarah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Universitas Negeri Yogyakarta.

Rouse, M. (2007, November). What is blog (weblog) ? Diambil dari https://searchwindevelopment.techtarget.com/definition/blog




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.83-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ