Pelatihan Membuat Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Raudhatul Athfal dan Madrasah Ibtidaiyah di Yayasan Baitul Ulum

Authors

  • Riza Samsinar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Deni Almanda Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Irawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sufirman Sufirman Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nelfiyanti Nelfiyanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Moh Mustofa Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.83-86

Abstract

Pada masa pandemi ini, guru tidak lagi berperan sebagai sumber utama pembelajaran. Sebaliknya, mereka sekarang berperan sebagai fasilitator yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi yang berkembang untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Untuk membantu mitra dalam hal ini, dengan guru-guru Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Yayasan Baitul Ulum, diberikan pelatihan pembuatan blog. Blog juga digunakan sebagai sarana pembelajaran tambahan dan sebagai alat literasi digital guru. Platform ini berfungsi sebagai media pembelajaran berbasis blogger dan menerapkan pendekatan konstektual untuk hasil Pendidikan secara daring.  Metode yang digunakan diantaranya (1) Konsep pemanfaatan weblog dalam penyebaran informasi di bidang Pendidikan, (2) Pengenalan blog yang akan digunakan blogspot, (3) Praktik cara menggunakan blog secara dasar (4) Praktik cara mengisi konten dalam blog, berupa: teks, gambar, maupun video dan (5) pengenalan media pembelajaran lainnya. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ini, kami telah menemukan bahwa blog dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah media pembelajaran yang berbeda di sekolah. Diharapkan ke depan, guru-guru dapat menggunakan blog sebagai alat pembelajaran untuk menarik perhatian dan minat siswa.

Author Biographies

Riza Samsinar, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta

Deni Almanda, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta

Bambang Irawan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faculty of Education Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sufirman Sufirman, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faculty of Economics and Business Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nelfiyanti Nelfiyanti, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta

Moh Mustofa, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Mubaroh, S., Fujiyanti, L., & Pratiwi, I. R. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media pembelajaran dan sarana literasi digital guru. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), 107-117.

Syawanodya, I., Rohayati, E., & Suhartini, T. (2021). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Video Blogging Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 6(1), 27-36.

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2022). Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 1-7.

Sucipto, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, (Vol. 1, No. 2, Hal. 32-39).

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Adri, M. (2008). Guru Go Blog: Optimalisasi Blog Untuk Pembelajaran. Padang: Elex Media Komputindo.

Sudrajat, A., & Zulkarnain, Z. (2013). Pengembangan Media Blog Sejarah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Universitas Negeri Yogyakarta.

Rouse, M. (2007, November). What is blog (weblog) ? Diambil dari https://searchwindevelopment.techtarget.com/definition/blog

Downloads

Published

2023-07-21