Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Muara Gembong Melalui Usaha Pemasangan Filter Air

Annisa Setiawan, Ummul Habibah Hasyim, Fatma Sari, Renty Anugerah Mahaji Putri, muhammad ilham saputra, Syamsudin Abdullah

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat desa muara gembong untuk pemasangan filter air. Metode yang dikembangkan dalam kegitan pengabdian ini melalui kegiatan pelatihan yang akan diberikan mulai  penyuluhan, Pemberian filter air sampai pada pemasangan Filter air. Permasalahan  yang dihadapi oleh masyarakat Desa Pantai Harapan Jaya yaitu kondisi geografis desa yang berada di dataran rendah mengakibatkan keadaan tanah menjadi memiliki salinitas tinggi, yaitu berkadar garam tinggi.  Hal ini mengakibatkan terkait kesulitan untuk mendapatkan air bersih sehingga mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan sayuran secara mandiri. Sehingga dengan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasangan filter air, dapat memberikan mampu menghasilkan air bersih masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi. (2019). Kecamatan Muara Gembong Dalam Angka 2019. Bekasi. Jajang Sudrajat.

Handoko, T. Hani, 2012, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Cetakan kesepuluh,BPFE,Yogyakarta

Oseanografi, P. S., & Perikanan, F. (2016). Pemetaan Genanagan Rob Di Pesisir Muaragembong Kabupaten Bekasi Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Journal of Oceanography, 5(3), 359–367.

Sukanto Reksohadiprojo, 2015, Pengendalian Produksi, Cetakan kelima, Ghalia Indonesia,Jakarta Tambunan, Tulus, T.H. 2012. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa Isu Penting. Jakarta :PT Salemba Empat.

Surono, A. 2004. Profil Rumput Laut Indonesia. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.93-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ