EVALUASI IMPLEMENTASI GREEN BUILDING TIGA GEDUNG BANGUNAN PENDIDIKAN PADA TAHAP KONSTRUKSI (STUDI KASUS : GEDUNG FPEB, GEDUNG FPSD, DAN GEDUNG PASCASARJANA UPI BANDUNG)

Iskandar Muda Purwaamijaya, Rina Marina Masri, Tiara Reza Hanandita, Alya Sekar Hapsari

Abstract


ABSTRAK

Konsep bangunan hijau menekankan pada peningkatan efisiensi energi, penghematan udara, material ramah lingkungan, pengurangan limbah, kualitas udara dalam ruangan, dan desain bangunan yang efisien. CWP 02 UPI yang merupakan proyek pembangunan Gedung FPEB, Gedung FPSD dan Gedung PS berfokus pada pembangunan gedung pendidikan yang menerapkan konsep green building. Penelitian ini fokus menganalisis penerapan konsep green building dan mengetahui nilai penerapan green building dari masing-masing bangunan. Penelitian ini dilakukan dengan menilai kriteria bangunan hijau berdasarkan Greenship Assessment Tool for New Buildings Versi 1.2. Berdasarkan hasil penelitian, Gedung FPEB memperoleh 70 poin, Gedung FPSD memperoleh 72 poin, dan Gedung Pascasarjana memperoleh 70 poin. Oleh karena itu, setiap bangunan mendapat peringkat emas. Gedung ketiga ini juga memenuhi 7 (tujuh) kriteria dalam syarat kelayakan bangunan. Diharapkan adanya evaluasi ulang terhadap kriteria yang tidak mendapatkan poin dengan menggunakan alat yang mumpuni dan hasil evaluasi yang tidak memenuhi syarat benchmark, dilakukan solusi perbaikan, dan hasil evaluasi yang memenuhi benchmark tetap dipertahankan dan terawat.

Kata kunci: Evaluasi, Green Building, Greenship

 

ABSTRACT

The green building concept emphasizes increasing energy efficiency, saving air, environmentally friendly materials, reducing waste, indoor air quality, and efficient building design. CWP 02 UPI, which is a project for the construction of the FPEB Building, FPSD Building and Postgraduate Building, focuses on the construction of educational buildings that apply the green building concept. This research focuses on analyzing the implementation of the green building concept and knowing the value of green building implementation from each building. This research was carried out by assessing green building criteria based on the Greenship Assessment Tool for New Buildings Version 1.2. Based on the research results, the FPEB Building received 70 points, the FPSD Building received 72 points, and the Postgraduate Building received 70 points. Therefore, each building received a gold rating. This third building also meets 7 (seven) criteria in building eligibility requirements. It is hoped that there will be a re-evaluation regarding criteria that do not get points using qualified tools and evaluation results that do not meet the benchmark requirements, corrective solutions will be carried out, and evaluation results that meet the benchmarks will be retained and maintained.

Keywords: Evaluation, Green Building, Greenship


Keywords


Evaluasi, Green Building, Greenship

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Wangsih, D. (2021, Juni). IMPLEMENTASI EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Jurnal Tarbiyatuna, 2, 123.

Ardhiansyah, I., & Azizah, R. (2018, Juli). PENGUKURAN GREENSHIP NEW BUILDING VER. 1.2 PADA BANGUNAN BARU RUMAH ATSIRI INDONESIA (FINAL ASSESSMENT). SINEEKTIKA, 15(2), 79-86.

Cole. (2000). Building Environmental Assessment Methods: Assessing Construction P{ractices. Construction Management, 18(8), 455-467.

GBCI. (2018). Greenship For New Building. Green Building Council Indonesia.

Kalsey, L., & Hearne, C. (1963). Coperative Extension Nbrk. Comstock Publishing Associates.

Kartomo, A. I., & Slameto. (2016). EVALUASI KINERJA GURU BERSERTIFIKASI. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 219-229.

Kurniastuti, N. (2016). Bangunan Ramah Lingkungan. Forum Teknologi, 5(1).

Mongan, A. I., Tjakra, J., & Arsjad, T. T. (2019). Evaluasi Konsep Green Building Pada Gedung Baru Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Sipil Statik, 7(12), 1661-1668.

Nasir, Y. R. (2015). Sekilas Tentang Green Building. Teknologi Bangunan Hijau Enginee Weekly No.3 W. III.

Putri, A. A., Rohman, M. A., & Utomo, C. (2012). Penilaian Kriteria Green Building pada Gedung Teknik Sipil ITS. Jurnal Teknik ITS, 1(1), 107-112.

Roshaunda, D., Diana, L., Caroline, L. P., Khalisha, S., & Nugraha, R. S. (2019). Penilaian Kriteria Green Building Pada Bangunan Gedung Universitas Pembangunan Jaya Berdasarkan Indikasi Green Building Council Indonesia. Widyakala Journal : Journal of Pembangunan Jaya University, 6, 28-46.

Sobirin, Z. A., & Cahyaka, H. W. (2014). ANALISIS KESESUAIAN DESAIN GEDUNG OLAHRAGA BARU UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TERHADAP KONSEP GREEN BUILDING. Rekayasa Teknik Sipil, 3(1), 29-36.

Suripto, Abdi, M. H., & Manurung, E. H. (2022). Evaluasi Penerapan Green Construction Proyek Pembangunan Gedung Rektorat Kampus UIII. Jurnal Talenta Sipil, 5(1), 134-143.

Widyawati, R. L. (2019). GREEN BUILDING DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN KONSEP HEMAT ENERGI MENUJU GREEN BUILDING DI JAKARTA. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 2(1), 44-59.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.6.2.82-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ