Pendampingan Pengembangan Usaha Jamur Tiram Dengan Strategi Pemasaran Memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi
Abstract
Pendampingan pada mitra sebagai kegiatan pengabdian masyarakat pada skema hibah Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM) dengan topik Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM). Permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam aspek pemasaran yaitu penjualan hasil panen dengan mengirimkan ke pengepul atau menjual ke pasar tradisional. Mitra adalah kelompok tani Trah Tiram Mandiri di kecamatan Parungkuda. Tujuan PKM adalah pendampingan pengembangan usaha jamur tiram dengan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dalam strategi pemasaran. Kegiatan pendampingan dalam aspek pemasaran produk dilakukan melalui kegiatan workshop dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidang pemasaran. Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan dalam 3 tahap yaitu sosialisasi program kegiatan PKM, pendampingan melalui kegiatan workshop, kegiatan evaluasi melalui tanya jawab, diskusi dan pengamatan yang dilakukan oleh tim dosen selama pelaksanaan kegiatan PKM. Pendampingan yang dilakukan melalui kegiatan workshop dapat menambah pengetahuan dan membuka wawasan mitra mengenai penggunaan TIK dalam pemasaran produk. Hasil kegiatan PKM bahwa mitra mempunyai keinginan untuk mencoba menerapkan penggunaan TIK dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran produk dan dapat meningkatkan daya saing yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan penghasilan kelompok tani jamur tiram.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anna Krizanova, George Lăzăroiu, Lubica Gajanova, Jana Kliestikova, Margareta Nadanyiova and Dominika Moravcikova, (2019). "The Effectiveness of Marketing Communication and Importance of Its Evaluation in an Online Environment", Sustainability 2019, 11, 7016.
Arif Rahman Zikri, et.all (2015). “Analisis usaha dan pemasaran jamur tiram putih (Pleurotus Ostreatus) studi kasus di Kelurahan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru”. Jurnal Jom Faperta Universitas Riau. vol.2, no.2.
Ayu Dwidyah Rini dan Amaliyah (2019). “Strategi pengembangan agribisnis jamur timur wujud penguatan ekonomi lokal’. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). vol.3, no.2, h.311-324.
Casban, Umi Marfuah, Siti Asmanah, Erna Yuliana Wulaningsih, Avivah Syahara, Ria Janatin (2022). “Pendampingan pengembangan usaha camilan sehat bergizi pada industri kecil kreatif di Kecamatan Parungkuda Sukabumi”. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Cicik Iriantinah (2014). “Strategi pengembangan komoditas jamur tiram putih (Pleurotus Florida) di Kabupaten Nganjuk”. Jurnal Manajemen Agribisnis, vol 14, no. 2, h.161-172.
Dini Wahdiyati, Winida Qusnul Khotimah (2021)., "The training to utilize social media to increase productivity of local artists in East Jakarta during Covid 19 pandemi," SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), vol,2, no.2, pp.83-94.
Dr. Mrs. Vaibhava Desai (2019). "Digital Marketing: A Review", International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD). Conference Issue.PP.196-200, www.ijtsrd.com e-ISSN: 2456 – 6470.
Eric M. Olson, Kai M. Olson, Andrew J. Czaplewski, Thomas Martin Key (2021). "Business strategy and the management of digital marketing", Business Horizons, Vol.64,(2), pp.285-293.
Erpan Hermawan, Soetoro Soetoro, Tito Hardiyanto (2017). “Strategi Pemasaran Jamur Tiram (Studi Kasus pada Perusahaan Margi Mulyo di Desa Adimulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)”,
Haitham Alzoubia, Muhammad Alshuridehb, Barween Al Kurdic, Iman Akourd and Ramsha Azize (2022). "Does BLE technology contribute towards improving marketing strategies, customers’ satisfaction and loyalty? The role of open innovation", International Journal of Data and Network Science 6, PP.449–460.
Hernawati, Aisah Jamili dan Didin Hadi Saputra. (2019) “Pengembangan usaha produksi jamur tiram kelompok wanita tani berbasis wilayah”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan (Selaparang). vol.3, no.1, h.124-130.
Imang Dapit Pamungkas, Dian Indriana Hapsari, Emik Rahayu, Izza Ulumuddin, Ahmad Asshofi, Joseph Aldo Irawan, Aji Kusumah Ramdhani, Karis Widyatmoko, Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, Nurjanah (2023). "Community Empowerment Through Financial Management Training and Business Development of The Borobudur Homestay in Candirejo Village, Magelang District," SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), vol.4, no.1, pp.153-162.
Isana Arum Primasari, Hayati Mukti Asih (2021). "The utilization of non-organic waste towards kampung sayur to empower the waste bank in Kamulyan" SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), vol,2, no.2, pp.139-146.
Juan José López García, David Lizcano, Celia MQ Ramos and Nelson Matos (2019). "Digital Marketing Actions That Achieve a Better Attraction and Loyalty of Users: An Analytical Study", Future Internet 2019, 11, 130; doi:10.3390/fi11060130.
Muhammad Reza Aulia, Dedy Darmansyah, Yoga Nugroho, Anisah Nasution, Safrika, Yulia Windi Tanjung (2023). "Empowerment of Robusta Coffee Farmers to Develop Entrepreneurs in Aceh Barat Based on Technology Application," SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), vol.4, no.1, pp.175-184.
Nur Asni Gani, Siti Riptifah Tri Handari, Andry Priharta, Dalih, Muhammad Firhan (2022). “Pemberdayaan kesehatan, pendidikan dan ekonomi di komunitas XSproject’. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Nur Rahmawati dan Heri Akhmadi (2019). “Potensi pengembangan usaha jamur tiram”. Seminar Nasional Abdimas II, h.848-855.
Raéf Bahrini and Alaa A. Qaffas (2019). "Impact of Information and Communication Technology on Economic Growth: Evidence from Developing Countries", Economies, 7, 21;p.1-13.
Rahayu Mardikaningsih, Ella Anastasya Sinambela, Didit Darmawan, Samsul Arifin, Jahroni, Arif Rachman Putra, M. Syaiful Anwar (2022). "A Community Empowerment Through Motorcycle Reparation Training at Youth Organization" SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), vol,3, no.2, pp.167-174.
Rajan Varadarajan (2020). "Customer information resources advantage, marketing strategy and business performance: A market resources based view", A Commentary on Transfor mative Marketing: The Next 20 Years,” Journal of Marketing, 82, pp.15-18.
Reni Rachmawati, Nugrahini Susantinah Wisnujati, Diah Tri Hermawati (2022). “Strategi pengembangan usaha jamur tiram putih di Desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Tidoarjo“. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis (JISA). vol.22, no.1, h.9-16.
Riif Maftahah, Bayu Wijayantini, dan Wahyu Eko Setianingsih (2022). “Strategi pengembangan usaha budidaya jamur dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC)’. Jurnal Manajemen. vol.11, no.2, h.300-310.
Samwel Macharia Chege , Daoping Wang and Shaldon Leparan Suntu (2019). "Impact of information technology innovation onfirm performance in Kenya", information technology for development.
Tri Murwaningsih (2021) "Processing used cooking oil into soap as an effort to establish home industry," SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), vol,2, no.2, pp.147-158.
Valter Afonso Vieira, Marcos Inácio Severo de Almeida, Raj Agnihotri, Nôga Simões De Arruda Corrêa da Silva & S. Arunachalam (2019). "In pursuit of an effective B2B digital marketing strategyin an emerging market", Journal of the Academy of Marketing Science.
Yasser Aswad Thamrin Herminawaty Abubakar Hasanuddin Remmang, (2021). “Strategi pemasaran jamur tiram”. ISBN : 978-623-226-291-1.
YoungKi Park & Sunil Mithas (2020). "Organized complexity of digital business strategy: a configurational perspective"", MIS Quarterly Vol. 44 No. 1, pp. 85-127.
DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.6.2.66-75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.