OPTIMALISASI PEMILU 2024 DENGAN PENYAMPAIAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL DI ERA DIGITAL

Felicia Ivonne Mulyadi, Ni Putu Bayu Widhi Antari

Abstract


Pemilihan umum atau pemilu merupakan proses demokrasi yang sangat penting bagi suatu negara. Proses pemilu yang bersih, jujur, adil dan terbuka memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa negara sungguh-sungguh memperhatikan hak-hak warga negaranya dalam menunjuk pemimpin dan wakilnya di badan legislatif dan eksekutif. Generasi milenial dinilai sebagai generasi yang melek informasi dan pandai dalam menyerap informasi. Kendati demikian, banyak black campaign dan hoaks yang disebarkan melalui media sosial. Hal ini dapat menyebabkan keresahan sosial di Masyarakat. Podcast Pemilu 2024 ini adalah sebuah program kerja yang bertujuan untuk memberikan informasi-informasi terkait pemilu yang terlaksana sehingga tidak terjadi mispersepsi terhadap penyelenggaraan pemilu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam lima tahap dari mencari dan mengumpulkan informasi hingga tahap pengeditan video rekaman hingga menyebarluaskan melalui media sosial (Instagram). Dengan kemudahan mendapatkan informasi ini, diharapkan melalui podcast ini masyarakat khususnya generasi Z dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar


Keywords


Pemilu, Generasi Z, Podcast

Full Text:

PDF

References


Adinugroho, B., Prisanto, G. F., Tinggi, S., Komunikasi, I., Studi, I., Baru, K., & Selatan, J. (2019). MEDIA SOSIAL DAN INTERNET DALAM KETELIBATAN INFORMASI POLITIK DAN PEMILIHAN UMUM Niken Febrina Ernungtyas. In Jurnal Representamen (Vol. 5, Issue 02).

Alifia Silvi Fatiha, O., Santosa, W., Ekonomi dan Bisnis, F., & Trisakti, U. (2022). PEMILIHAN UMUM SEBAGAI WUJUD PELAKSANAAN DEMOKRASI DI INDONESIA. In Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 1, Issue 3). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Dina Wulandari, C. (n.d.). Fenomena Buzzer Di Media Sosial Jelang Pemilu 2024 Dalam Perspektif Komunikasi Politik. https://www.researchgate.net/publication/371684161

Fahrudin, A., & Billah, S. A. (2023). Modeling Manajemen Informasi dan Verifikasi Berita Menjelang Pemilu dan Pemilihan 2024: Sebuah Studi Preliminary tentang Upaya Mencegah Black Campaign dan Hoax. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 4(2), 212-232.

Komariah, K., & Kartini, D. S. (2019). Media Sosial dan Budaya Politik Generasi Milineal dalam Pemilu. ARISTO, 7(2), 228-248.

Multazam, M. N., Santoso, P. Y., & Dewi, Y. R. (2023). Pemanfaatan Akun Instagram@ Bawasludkijakarta Dalam Menyebarkan Informasi Mengenai Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024. Jurnal Cyber PR, 3(2), 153-162.

Rasidin, Mhd., Witro, D., Yanti, B. Z., Purwaningsih, R. F., & Nurasih, W. (2020). THE ROLE OF GOVERNMENT IN PREVENTING THE SPREAD OF HOAX RELATED THE 2019 ELECTIONS IN SOCIAL MEDIA. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.76

Rustamana, A., Natasya, P. F., & Ramadani, P. W. (2023). PERKEMBANGAN PEMILU DI INDONESIA. Dewaruci: Jurnal Studi Sejarah dan Pengajarannya, 2(2), 36-46.

Susanti, S., Rachmaniar, R., & Koswara, I. (2021). Komunikasi Pemasaran Pengrajin Bambu Kreatif di Tasikmalaya. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2284

Syakhila, H. D. S., Oktavianingrum, V. P., & An'nisaa, R. (2023). Demokrasi Yang Berkualitas: Peran Mahasiswa Dan Generasi Milenial Dalam Pengawasan Pemilu 2024. YUSTISIA MERDEKA: Jurnal Ilmiah Hukum, 9(2), 55-61.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.6.2.123-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ