Perencanaan dan Pengembangan Fasilitas Pondok Tahfidz Qur’an dan Musholla Al Fath, Yayasan Hidayatullah Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.7.1.11-18Keywords:
Arsitektur, Fasilitas Bangunan, Pondok Tahfidz Qur’anAbstract
Ruang lingkup arsitektur secara luas merupakan bagian dari kehidupan yang berhubungan dengan tempat berlangsungnya berbagai macam kegiatan manusia, diantaranya adalah kegiatan di bidang pendidikan. Pondok pesantren termasuk kedalam jalur pendidikan luar sekolah (non formal) yang salah satu jenisnya yaitu pondok pesantren tahfidz qur’an. Di Kalimantan Barat, salah satu pondok pesantren tahfidz qur’an adalah Pondok Tahfidz Qur’an Hidayatullah di Desa Rasau Jaya 2, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Kondisi eksisting fasilitas pondok ini masih sangat minim dan terbatas, hanya terdapat satu bangunan yang berfungsi sebagai ruang kelas belajar, dan juga berfungsi sebagai rumah ustadz, sedangkan musholla masih dalam proses pembangunan. Pondok ini belum memiliki asrama santri, sehingga santri masih berasal dari masyarakat sekitar dan tidak menginap, pondok ini juga belum memiliki ruang kantor pengelola, dan fasilitas penunjang lainnya. Berdasarkan kondisi tersebut, tujuan dari PKM ini untuk menata kawasan pondok pesantren, mendesain bangunan dan merencanakan arahan pembangunan fasilitas kawasan pondok pesantren. Pendekatan partisipatif digunakan sebagai metode pelaksanaan kegiatan ini. Pihak pondok pesantren dilibatkan dalam pelaksanaan kegiatan ini melalui diskusi atau FGD dengan Tim PKM untuk merumuskan masalah di pondok pesantren yang akan digunakan dalam perencanaan dan perancangan desain. Hasil dari kegiatan PKM ini berupa gambar rencana masterplan, gambar pra desain musholla, sekolah dan rumah pengurus pesantren.References
Atabik, A. (2014). The Living Qur'an: Potret Budaya Tahfiz al-Qur'an di Nusantara. Jurnal penelitian, 8(1), 161-178.
Faridah, A. (2019). Pesantren, sejarah dan metode pembelajarannya di Indonesia. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 13(2), 78-90.
Hasibuan, M. S. R, & Sidabutar, L. (2020). Revitalisasi Ruang Terbuka Hijau Di Wilayah Urban: Elaborasi Hasil Focus Group Discussion (FGD) Perencanaan Taman Maju Bersama Di Kelurahan Gandaria Utara Di Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 25(3), 142-147.
Muadin, A. (2017). Manajemen Pemasaran Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 293-308.
Pratama, F. M., & Suryani, N. (2021). Desain Renovasi Masjid Al-Muhajirin Puri Harmoni I Cileungsi Kabupaten Bogor Dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik. Lakar: Jurnal Arsitektur, 4(2), 119-132.
Shiddiq, A. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 218-229.
Sudrajat, A. (2017). Pesantren sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 2(2), 64-88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).