Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Pupuk Organik Cair di Villa Pamulang, Depok

Nuhairan Ahmad, Agil Thoriq Bramantio Al Fajri, Citra Calista Wijanarko, Rayi Prabana, Ade Sumiahadi, Yukarie Ayu Wulandari, Dirgahani Putri

Abstract


Kegiatan ditujukan kepada warga yang memiliki kebun apotek hidup. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah masalah rendahnya pengelolaan limbah rumah tangga di lokasi mitra dan kurangnya ketersediaan pupuk pada apotek hidup di lokasi mitra yang menyebabkan pertumbuhan tanaman obat tidak optimal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan limbah rumah tangga sebagai pupuk organik cair. Metode kegiatan terdiri dari 1) Penyuluhan pemanfaatan limbah rumah tangga untuk pupuk organik cair melalui media poster, 2) Pelatihan partisipatif pembuatan pupuk organik cair dari limbah rumah tangga dan 3) Pre-test dan post-test untuk mengukur indikator perubahan pengetahuan dan keterampilan partisipan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2023 di Kompleks Villa Pamulang RT 009/012, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan pengelolaan limbah rumah tangga untuk pupuk organik cair berjalan dengan lancar dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan berupa: 1) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan partisipan terhadap pengelolaan limbah rumah tangga untuk pupuk organik cair dengan peningkatan sebesar 21,75%, 2) pihak mitra memberikan penilaian memuaskan (baik dan baik sekali) dengan persentase kepuasan 92,5%, dan 3) beberapa partisipan langsung mempraktikkan sendiri proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah organik rumah tangga setelah kegiatan selesai.

Keywords


Pelatihan, penyuluhan, pupuk organik, sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Andi, G.D.T., Zamzam, S., Mutmainnah, N., & Qadri, S.N. (2022). Pemanfaatan limbah rumah tangga sebagai pupuk organik cair ramah lingkungan. Jurnal MALLOMO, 3(1), 37-42

Amelia, P., Redaputri, A. P., & Rinova, D. (2022). Pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai pupuk menuju ekonomi sirkular (UMKM olahan pisang di Indonesia). Jurnal Pengabdian UMKM, 1(2), 104-109.

Akbari, W.A., Fitrianingsih, Y., & Jati, D.R. (2015). Pemanfaatan limbah kulit pisang dan tanaman Mucuna bracteata sebagai pupuk kompos. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 3(1), 1-10.

Kasmawan, I. G. A., Sutapa, G. N., & Yuliara, I. M. (2018). Pembuatan pupuk organik cair menggunakan teknologi komposting sederhana. Buletin Udayana Mengabdi, 17(2), 67-72.

Nur, T., Noor, A. R., & Elma, M. (2016). Pembuatan pupuk organik cair dari sampah organik rumah tangga dengan penambahan bioaktivator EM4 (Effective Microorganisms). Jurnal Konversi, 5(2), 44-51.

Susana, T. T. P., Siahaan, F. R., Lumbanraja, P., Hotden, L. N., & Tindaon, F. (2022). Pembuatan pupuk organik cair (POC) dari limbah rumah tangga untuk tanaman di pekarangan rumah. Jurnal MARTABE, 5(2), 530-539.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.6.2.112-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ