Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Chocolate Banana
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan produk UMKM Chocolate Banana, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Instagram menawarkan platform visual yang potensial untuk pemasaran produk. Namun, UMKM ini menghadapi tantangan dalam memanfaatkan Instagram secara optimal, dengan konten yang kurang menarik dan jumlah pengikut yang terbatas. Metodologi yang diterapkan meliputi tiga tahap utama: Focus Group Discussion untuk menggali masalah dan potensi solusi; pelatihan intensif mengenai penggunaan Canva untuk desain konten promosi; dan evaluasi serta pendampingan pasca-pelatihan. Pelatihan ini difokuskan pada desain konten promosi yang menarik, pembuatan visual yang efektif, dan pengelolaan konten media sosial. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengikut Instagram, dari 51 menjadi 2.216 orang setelah penerapan strategi konten yang diperbaharui. Selain itu, wawancara dengan mitra UMKM mengungkapkan adanya peningkatan pemesanan dan pendapatan sebagai dampak dari peningkatan jumlah pengikut. Kesimpulan dari studi ini menegaskan bahwa pelatihan menggunakan Canva secara efektif meningkatkan visibilitas produk dan kinerja penjualan UMKM melalui pemanfaatan Instagram yang lebih optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087
Annafi Franz, Maria, E., Suswanto, Yulianto, Budi Rachmadani, Junirianto, E., Asep Nurhuda, Khamidah, I. M., Ramadhani, S., Muslimin, Husmul Beze, Andrea, R., Karim, S., Emil Riza Putra, Ramadhani, F., Satria, B., & Imron. (2023). Pelatihan Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Aktifitas Pembelajaran pada Sekolah Dasar Daarul Hijrah Al-Amin Samarinda. JLP: Jurnal Lentera Pengabdian, 01(04), 405–413.
Brown, C., & Liu, J. (2020). Social media marketing: Theory and practice. Journal of Marketing Research, 57(4), 789-805.
Choi, J., Lee, H., & Kim, H. (2020). The impact of visual content on Instagram engagement. Journal of Digital Marketing, 6(2), 45-59.
Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Satya Nugraha, G., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Negeri 10 Cakranegara. JBegaTI, 2(1), 62–69. http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/
Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). MOHUYULA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.
Hidayah, R. T., Iskamto, D., & Putri, R. K. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Dengan Canva dan Kahoot! Pada MTs Qirotussab’ah Kudang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 83–89.
Harris, T. (2023). Effective use of Instagram for small businesses. International Journal of Business Studies, 10(1), 123-135.
Kim, J., & Ko, E. (2022). The influence of Instagram marketing on consumer behavior. Journal of Consumer Research, 48(3), 567-584.
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru SD di SDN Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 170–174.
Nguyen, T., Lee, K., & Wu, J. (2021). Enhancing business growth through social media. Journal of Digital Business, 9(2), 215-230.
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Pambudi, A. Y., Syafii, I., Kartikasari, D. W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L. M., Widodo, M., Apriono, D., Sukisno, Syahrial, M. F., Supriatna, U., & Zaki, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 1–8.
Patel, R., & Desai, R. (2022). Challenges in using social media for small businesses. Journal of Marketing Management, 11(4), 399-410.
Pulungan, A. F., Harumy, T. H. F., Manik, Y. F., Ginting, D. S. B., Purnamasari, F., Selvida, D., Nababan, A. M., Nasution, U. R. P., & Nuzuliati. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Canva Bersama Guru Yayasan Harum Sentosa sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 2(2), 483–488. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i2.372
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859
Sara, K., Mude, A., Togo, R., Sala, E. E., & Radja, M. (2023). Pelatihan Penggunaan Microsoft Excel Bagi Guru-Guru SDK Bokogo Dalam Mengolah Nilai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2911–2914.
Subowo, E., Dhiyaulhaq, N., & Wahyu, I. (2022). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan ChatGPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90
Tan, Y., & Lee, C. (2021). Strategies for increasing Instagram followers. Journal of Social Media Studies, 5(1), 99-115.
Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., & Ikhsan, M. (2023). Menjadi Guru Kreatif melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.7152
Walker, S., & Johnson, M. (2019). Leveraging social media for business growth. Journal of Business and Marketing, 15(2), 300-315.
White, A. (2021). Engaging consumers through Instagram marketing. Journal of Digital Advertising, 7(4), 512-525.
DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.7.1.61-66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.