PEMBERDAYAAN GURU KADER DAN SISWA MELALUI REVITALISASI USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.7.1.1-10Keywords:
Guru Kader, Kesehatan Sekolah (UKS), Pemberdayaan, Revitalisasi, Sekolah SehatAbstract
Sekolah sehat adalah sekolah bersih, indah, nyaman, tertib, aman, rapih , dan kekeluargaan. Peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. UKS merupakan implementasi sekolah sehat atau Health Promoting School (HPS. UKS menerapkan tri program (Trias UKS) yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Jika pembinaan UKS dilaksanakan dengan baik dapat mencegah hal-hal negatif yang berkembang di masyarakat, seperti bahaya Narkoba dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: Menyelesaikan permasalahan mitra dengan melakukan revitalisasi UKS sesuai dengan program UKS yaitu dalam bentuk kegiatan promotif seperti pelatihan palang merah remaja bagi siswa SMP, penyuluhan dan seminar. Melakukan upaya preventif dengan tujuan untuk mencegah siswa terhadap sakit melalui pemeriksaan Anemia dengan edukasi Gizi Seimbang. Melakukan Screening/atau pemeriksaan rutin untuk memantau kesehatan siswa dalam upaya pencegahan penyakit yang berat dan menanamkan perilaku hidup sehat bagi siswa. Yaitu dengan Skrining Tuberkulosis.Pengembangan kurikulum bersama merancang output melalui program UKS. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini, sudah dilakukan Revitalisasi UKS dalam bentuk sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan Evaluasi serta keberlanjutan program Metoda pelaksanaan yang digunakan adalah, Gerakan pemberdayaan, Binasuasana dan Advokasi.. Dari hasil didapatkan peningkatan pengetahuan mitra baik dari Guru maupun dari siswa. Kata kunci: Guru Kader, Kesehatan Sekolah (UKS),Pemberdayaan,Revitalisasi, Sekolah SehatReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afandi Agus et al. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (1st ed.; Suwendi, ed.). Makasar.
Apriani, L., & Gazali, N. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.14456
Ernirita et al. (2023). Penerapan Aplikasi Islam TB Edukasi dalam Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah pada Pencegahan Penularan Tuberkulosis Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 4528–4535. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4. 2155
Haryati. (2022). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan dan Aksi Masyarakat dalam Upaya Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan Masyarakat Kelurahan Kambu Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Meambo, 1(2), 74–82.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Gizi dan Kesehatan Remaja (kedua). Jakarta: (SEAMEO RECFON.
Lumbanraja, W. S. et al. (2022). Equity in Education Journal (EEJ). Equity in Education Journal (EEJ), 4(1), 30–35. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221
Maihayati, Nababan, D., & Manurung, J. (2023). Hubungan Strategi Promosi Kesehatan Dengan Tingkat PHBS Pada Tatanan Rumah Tangga di Kecamatan Silih Nara. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 51–60.
Raudiah, R., Lubis, N. L., & Moriza, T. (2020). Analisis Pelaksanaan Trias Uks (Usaha Kesehatan Sekolah) Dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja Di Smp an Nizam Medan Tahun 2019. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 5(1), 99. https://doi.org/10.30829/jumantik.v5i1.6810
Sukaesih, N. S. et. (2023). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 88–95. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i1.4165
Sutanto et al. (2019). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. In Nuraeni Sit et al (Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (keenam). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikn Dasar dan Menenggah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).