Implementasi Pelatihan Gambar 3D sebagai Solusi untuk Peningkatan Keterampilan Siswa Sanggar Belajar
Abstract
Sanggar Belajar (SB) merupakan lembaga pendidikan bagi anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia, yang meskipun berada di negara maju, menghadapi tantangan besar dalam menyediakan pendidikan yang setara dengan siswa lokal. Akses dan fasilitas pendidikan yang terbatas mengakibatkan kurangnya keterampilan dan pengetahuan teknologi di kalangan siswa SB. Salah satu keterampilan penting yang belum banyak dikuasai adalah pemodelan dan gambar tiga dimensi (3D), yang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Program pelatihan gambar 3D ini dirancang sebagai bagian dari pengabdian masyarakat untuk mendukung pengembangan kreativitas siswa SB Al-Amin Sentul, Malaysia. Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan tatap muka secara langsung yang dilakukan dengan tahapan pretest, presentasi, tutorial dan praktik serta diakhiri dengan posttest untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan dalam pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan dengan skor 60,43 menjadi 64,8. Meskipun mengalami peningkatan yang kurang signifikan namun hal ini menjadi upaya untuk meningkatkan pendidikan bagi warga Indonesia di luar negeri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kartini, D., & Faridah, H. (2024). Pelatihan Peningkatan Kreativitas Visual Dalam Perancangan Poster Kampanye Tentang Covid-19 Bagi Anak-Anak Di Sekolah Dasar Jatiragas 1 Subang. Journal of Community Service, 6(1), 33–44. https://doi.org/10.56670/jcs.v6i1.190
Krisna Ari, I. A. D., & Nuriarta, I. W. (2023). Pelatihan Menggambar Ilustrasi Cerita Rakyat untuk Pengembangan Karakter Anak-Anak Sekolah Dasar di Bali. Bakti Budaya, 6(1), 43–55. https://doi.org/10.22146/bakti.6697
Kutsiyah, M. (2014). Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Dekoratif pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–10.
Lubis, N. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(2), 15–25. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i2.4114
Napitupulu, P. A., Putrawan, B. K., & Sutrisno, S. (2021). Pendampingan Metode Menggambar, Mewarnai, dan Mengecat Pada Guru Dalam Meningkatkan Motorik Anak di PAUD Kemah Kasih Pademangan Barat, Jakarta Utara. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 140. https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p140-146
Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita Di Sd 226 Palembang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4299
Rahman, M. A., Faiz, A. N., Primadoni, A. B., Akhmad, Y., & Faida, M. (2022). Meningkatkan Kreatifitas Menggambar Anak Sekolah Dasar. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(2), 127–130. https://doi.org/10.57254/eka.v1i2.25
Saefudin, S., Afif, I. Y., Raharjo, S., & Nugroho, H. A. (2024). Peningkatan Keterampilan Menggambar Teknik menggunakan Software CAD untuk siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 6(2), 91–97.
Sandi, N. V. (2020). Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 79–87.
Siskowati, E., & Prastowo, A. (2022). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III Pada Materi Menggambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 42–47.
Wardan, A. I., Ningrum, K. S., Amelia, R., & Prakus, S. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran SBDP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.212
DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.7.1.29-34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.