Penyuluhan Ergonomi Kognitif: Pengenalan Beban Kerja Mental dan Produktivitas Pada Siswa SMK 3 Yapercik Jakarta Selatan

Authors

  • Nataya Rizani Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Elisabet Kristia Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Andry Setiawan Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Devi Aprilia Institut Sains dan Teknologi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.24853/jpmt.7.2.85-90

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertema “Pengenalan Beban Kerja Mental dan Kaitannya dengan Produktivitas” merupakan kontribusi Program Studi Teknik Industri ISTN dalam bentuk penyuluhan dan edukasi kepada siswa SMK. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya kesiapan mental dalam menghadapi dunia kerja, terutama bagi generasi muda yang akan segera lulus dan terjun ke dunia industri. Materi yang diberikan mencakup konsep dasar beban kerja mental dan fisik dalam ergonomi, dengan penekanan khusus pada beban kerja mental dan produktivitas. Materi tambahan seperti Growth Mindset, Tantangan Dunia Kerja, dan Menjadi Kreatif disampaikan untuk meningkatkan kapasitas berpikir dan kesiapan psikologis siswa. Dalam pelaksanaan kegiatan, siswa diminta melakukan penilaian terhadap produktivitas pribadi mereka dengan skor 1–10. Hasilnya menunjukkan 37% siswa menilai produktivitas mereka di atas 8, 60% pada rentang 6–7, dan 3% memberikan nilai 5. Berdasarkan tipe kepribadian, 80% siswa menunjukkan kombinasi tipe A dan B, sementara 7% bertipe A dominan dan 13% tipe B dominan. Hasil kuesioner Perceived Stress Scale-10 (PSS-10) menunjukkan 83% siswa berada dalam kondisi stres sedang, 10% stres ringan, dan 7% stres berat. Sebanyak 83,3% siswa menyatakan keinginan untuk segera bekerja setelah lulus, dan 90% merasa kegiatan ini memberikan manfaat yang nyata. Oleh karena itu, kegiatan ini dinilai relevan dan penting untuk terus dilaksanakan sebagai bentuk edukasi keilmuan teknik industri yang aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah.

Downloads

Published

2025-05-13