OPTIMASI PENGGUNAAN PEKARANGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (STUDI KASUS : SD CITRA ALMADINA PADANG)
Abstract
Sekolah Dasar Citra Almadina mempunyai metode pengajaran bukan hanya di kelas. Tetapi sekolah juga mempunyai metode pengajaran di luar dengan jadwal tetap sekali sebulan. Kegiatan belajar di luar kelas bisa dilakukan di lingkungan sekitar sekolah, lingkungan kota Padang dan daerah sekitar kota Padang dalam propinsi Sumatera Barat. Dari kondisi riil yang ditemui di lapangan, saat ini di pekarangan sekolah masih terdapat lahan yang tidak dimanfaatkan secara baik. Dengan kurikulum yang sekolah jalankan, lahan ini bisa dioptimasikan sebagai media pembelajaran. Seperti membuat kebun mini di lahan sekolah. Murid SD Citra Almadina bisa langsung mempraktekkan teori pelajaran pelajaran mereka khususnya Ilmu Pengetahuan Alam tentang tumbuhan sebagai makhluk hidup yang mereka dapatkan di dalam kelas. Mulai dari belajar menanam, murid-murid sekolah juga diajarkan untuk memelihara tanaman mereka, dengan menyiram tanaman setiap hari sesuai dengan jadwal piket yang diatur guru-guru. Sampai dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini, sudah dipanen tanaman kangkung dan caisin. Dari hasil panen murid diajarkan untuk mengemas dan menjual kepada guru dan orang tua murid. Walaupun dalam pelaksanaan ada kendala yang ditemui, diharapkan tetap dapat memberikan pengaruh positif kepada sekolah dan murid-murid pada khususnya.
Full Text:
PDFReferences
Wignjosoebroto, Sritomo, 2000, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya, Surabaya
Sinulingga, Sukaria, 2015, Pengantar Teknik Industri Ed. 2, USU Press, Medan
Anyau, Marzuki. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Pemahaman Konsep Materi Ekosistem, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No. 2 Hal. 55-62.
DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.1.1.27-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.