OPTIMASI PENGGUNAAN PEKARANGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (STUDI KASUS : SD CITRA ALMADINA PADANG)
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.1.1.27-30Abstract
Sekolah Dasar Citra Almadina mempunyai metode pengajaran bukan hanya di kelas. Tetapi sekolah juga mempunyai metode pengajaran di luar dengan jadwal tetap sekali sebulan. Kegiatan belajar di luar kelas bisa dilakukan di lingkungan sekitar sekolah, lingkungan kota Padang dan daerah sekitar kota Padang dalam propinsi Sumatera Barat. Dari kondisi riil yang ditemui di lapangan, saat ini di pekarangan sekolah masih terdapat lahan yang tidak dimanfaatkan secara baik. Dengan kurikulum yang sekolah jalankan, lahan ini bisa dioptimasikan sebagai media pembelajaran. Seperti membuat kebun mini di lahan sekolah. Murid SD Citra Almadina bisa langsung mempraktekkan teori pelajaran pelajaran mereka khususnya Ilmu Pengetahuan Alam tentang tumbuhan sebagai makhluk hidup yang mereka dapatkan di dalam kelas. Mulai dari belajar menanam, murid-murid sekolah juga diajarkan untuk memelihara tanaman mereka, dengan menyiram tanaman setiap hari sesuai dengan jadwal piket yang diatur guru-guru. Sampai dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini, sudah dipanen tanaman kangkung dan caisin. Dari hasil panen murid diajarkan untuk mengemas dan menjual kepada guru dan orang tua murid. Walaupun dalam pelaksanaan ada kendala yang ditemui, diharapkan tetap dapat memberikan pengaruh positif kepada sekolah dan murid-murid pada khususnya.References
Wignjosoebroto, Sritomo, 2000, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya, Surabaya
Sinulingga, Sukaria, 2015, Pengantar Teknik Industri Ed. 2, USU Press, Medan
Anyau, Marzuki. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Pemahaman Konsep Materi Ekosistem, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No. 2 Hal. 55-62.
Downloads
Published
2018-11-12
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).