STIMULASI, DETEKSI DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG (SDIDTK) ANAK PADA POSYANDU KELURAHAN PENGGILINGAN JAKARTA TIMUR

Emi Susilowati, Rully Mujiastuti, Sitti Nurbaya Ambo, Sugiartowo Sugiartowo

Abstract


Teknologi digital dan informasi berkembang cepat dan dekat dengan dunia anak. Gadget sudah menjadi ‘mainan’ bagi anak sejak usia masih balita. Kondisi kecanduan anak terhadap gadget dan teknologi yang menyertainya membuat orang tua khawatir terhadap tumbuh kembang anak. Perlu perhatian yang khusus dari orang tua untuk melakukan pemantauan secara berkala tumbuh kembang anak. Tim pengabdi bekerja sama dengan Puskesmas Kelurahan Penggilingan dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mitra Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) di lingkungan kelurahan Penggilingan. Bentuk edukasi yang diberikan melalui kegiatan penyuluhan, seminar dan pemberian materi bimbingan teknologi prototype aplikasi tumbuh kembang anak usia 3 tahun sampai 6 tahun dan pemberian rekomendasi atas hasil skrining. Output yang dihasilkan berupa laporan dan rekomendasi tumbuh kembang masing-masing anak.  Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan: 1. Memberikan pengetahuan kepada keluarga tentang stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak usia 3 tahun sampai 6 tahun secara berkala, 2. Pemberian rekomendasi tumbuh kembang anak  berdasarkan hasil skrining. Setelah pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini, mitra tim pengabdi dapat melakukan stimulasi, deteksi dan intervensi dini secara mandiri dengan menggunakan prototype aplikasi tumbuh kembang sesuai dengan usia anak.


Keywords


Pertumbuhan, Perkembangan, Tumbuh Kembang Anak

Full Text:

PDF

References


Informasi, A. T. (2013, 06). Dipetik Maret 31, 2019, dari https://artikel-teknologi-informasi.blogspot.com: https://artikel-teknologi-informasi.blogspot.com/2013/06/artikel-pengertian-sistem-pakar.html#more

Kesehatan, K. K. (2012). www.depkes.go.id. Dipetik Maret 31, 2019, dari http://www.promkes.depkes.go.id: http://www.depkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/buku-saku-posyandu.pdf

Nursalam, R., S., & Utami, S. (2005). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk Perawat dan Bidan). Jakarta: Salemba Medika.

Rully Mujiastuti, A. A. (2018). Sistem Pakar Untuk Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Metode Forward Chaining. SEMNASTEK 2018. Jakarta: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/3455.

Susilowati, E., Susilowati, E., Mujiastuti, R., & Ambo, S. N. (2018). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Untuk Perkembangan Anak Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di TQ Bunayya. IKRA-ITH INFORMATIKA, 33-41.

Wong, D., & Whaly. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Alih bahasa Sunarno, Agus dkk. Edisi 6 Volume 1. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.1.2.59-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ