PEMANFAATAN POLA MANAJEMEN KRISIS GOVERNMENT RELATIONS DI INDUSTRI HULU MIGAS
Abstract
Penelitian ini mencoba menganalisis tentang strategi PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu untuk membangun saling pengertian tentang industri hulu migas dengan pemerintah Kota Blora. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memahami bagaimana hubungan pemerintah melalui beberapa masalah dan bagaimana pemerintah memahami cara-cara ini. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivis, penulis mencoba membuat analisis terhadap informasi responden. Dari hasil tersebut, kita dapat memahami bahwa hubungan pemerintah memiliki rencana krisis untuk menghadapi krisis itu. Mereka harus melakukan beberapa tindakan untuk mengidentifikasi, memetakan, menganalisis krisis dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. PT. Citra Aditya Bakti : Bandung.
Adawiyah, S. E., Hubeis, A. V., & Susanto, D. (2019). Strategi Komunikasi Politik Perempuan Dalam Meraih Kepemimpinan Daerah. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(1), 95-113.
Afdhal, Ahmad Fuad. 2004. Tips & Trik PR. PT. Grafindo : Jakarta.
Anggoro, M. Linggar. 2005. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Bumi Aksara : Jakarta.
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations. Widya Padjajaran : Bandung.
Ardianto, Elvinaro & Soemirat, Soleh. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Bryson, John. M. 1947. Strategic Planning for Public and Nonprofit Organisations. Jossey-bass inc. : San Fransisco California.
Biddlecombe, Peter.1971. Public Relations.The Camelot Press Ltd.
Company profile Portal Pertamina (www.pertamina.com)
Cutlip, Scott M. Et al. 1999. Effective Public Relations 8th Editions.New Jersey.
Holtz, Shel.2002. Public Relations on the Net. Winning Strategies to Inform and InfluenceThe Media, The Investment Community, The Government, The Public And More (cetakan kedua).
Jeffkins, Frank. 1998.Public Relations. London : Ptman Publishing.
Kasali, Renald. 1994. Manajemen Public Relations, Konsep, dan Aplikasinya di Indonesia. Grafiti: Jakarta.
Koentjaraningrat. 1994.Kebudayaan. Gramedia Pustaka Utama.
Kriyantono, Rachmat. 2015. Public Relations Issue & Crisis Management. Prenadamedia Group : Jakarta.
Moleong, J.X Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
PERHUMAS. 2004. Menyusun Strategi, Membangun Korporasi Dan Menjaga Reputasi. BPP Perhumas Bidang Komunikasi : Jakarta.
Purwandari, Kristi. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia.
Putra, I Gusti Ngurah. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Universitas Atmajaya Yogyakarta : Yogyakarta.
Rudiatin, E., & Ramadhan, A. I. (2018). Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship, 1(1), 21-34.
Ruslan, Rosady. 2005.Manajemen PR dan Media Komunikasi.
Sa’diyah El Adawiyah, S., & Swarnawati, A. Hubungan Media Baru dengan Sikap Nasionalisme Remaja di DKI Jakarta. Information and Communication Technology, 95.
Sari, D. K., Hasfi, N., Santosa, H. P., Lukmantoro, T., Prastya, N. M., Isnaini, S., ... & Arofah, K. (2015). Information and Communication Technology, dan Literasi Media Digital. ASPIKOM dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Tench , Ralph and Liz Yeomans. Exploring Public Relations.
Wilcox, Dennis L., Ault, Phillip H., Agee, Warren K.,1992. Public Relations : Strategies And Tacttics (Edisi Ketiga), Harper Collins Publisher.
Pedoman Teknis Penyusunan Skripsi Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2001. UMJ PRESS : Jakarta.
Nurjanah, Adhianty. 2011. Jurnal Komunikator. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Margaretha, Titi Mora, Strategi Komunikasi Dalam Hubungan Pemerintahan (government relations) Pada Industri Minyak Dan Gas Bumi : Studi Kasus pada PT. Mosesa Petroleum, koleksi UI.
DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.2.1.27-34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.