PEMANFAATAN POLA MANAJEMEN KRISIS GOVERNMENT RELATIONS DI INDUSTRI HULU MIGAS
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.2.1.27-34Keywords:
Manajemen Krisis, Hubungan PemerintahAbstract
Penelitian ini mencoba menganalisis tentang strategi PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu untuk membangun saling pengertian tentang industri hulu migas dengan pemerintah Kota Blora. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memahami bagaimana hubungan pemerintah melalui beberapa masalah dan bagaimana pemerintah memahami cara-cara ini. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivis, penulis mencoba membuat analisis terhadap informasi responden. Dari hasil tersebut, kita dapat memahami bahwa hubungan pemerintah memiliki rencana krisis untuk menghadapi krisis itu. Mereka harus melakukan beberapa tindakan untuk mengidentifikasi, memetakan, menganalisis krisis dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H.References
Abdurachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. PT. Citra Aditya Bakti : Bandung.
Adawiyah, S. E., Hubeis, A. V., & Susanto, D. (2019). Strategi Komunikasi Politik Perempuan Dalam Meraih Kepemimpinan Daerah. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(1), 95-113.
Afdhal, Ahmad Fuad. 2004. Tips & Trik PR. PT. Grafindo : Jakarta.
Anggoro, M. Linggar. 2005. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Bumi Aksara : Jakarta.
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations. Widya Padjajaran : Bandung.
Ardianto, Elvinaro & Soemirat, Soleh. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Bryson, John. M. 1947. Strategic Planning for Public and Nonprofit Organisations. Jossey-bass inc. : San Fransisco California.
Biddlecombe, Peter.1971. Public Relations.The Camelot Press Ltd.
Company profile Portal Pertamina (www.pertamina.com)
Cutlip, Scott M. Et al. 1999. Effective Public Relations 8th Editions.New Jersey.
Holtz, Shel.2002. Public Relations on the Net. Winning Strategies to Inform and InfluenceThe Media, The Investment Community, The Government, The Public And More (cetakan kedua).
Jeffkins, Frank. 1998.Public Relations. London : Ptman Publishing.
Kasali, Renald. 1994. Manajemen Public Relations, Konsep, dan Aplikasinya di Indonesia. Grafiti: Jakarta.
Koentjaraningrat. 1994.Kebudayaan. Gramedia Pustaka Utama.
Kriyantono, Rachmat. 2015. Public Relations Issue & Crisis Management. Prenadamedia Group : Jakarta.
Moleong, J.X Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
PERHUMAS. 2004. Menyusun Strategi, Membangun Korporasi Dan Menjaga Reputasi. BPP Perhumas Bidang Komunikasi : Jakarta.
Purwandari, Kristi. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia.
Putra, I Gusti Ngurah. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Universitas Atmajaya Yogyakarta : Yogyakarta.
Rudiatin, E., & Ramadhan, A. I. (2018). Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah. BASKARA Journal of Business & Entrepreneurship, 1(1), 21-34.
Ruslan, Rosady. 2005.Manajemen PR dan Media Komunikasi.
Sa’diyah El Adawiyah, S., & Swarnawati, A. Hubungan Media Baru dengan Sikap Nasionalisme Remaja di DKI Jakarta. Information and Communication Technology, 95.
Sari, D. K., Hasfi, N., Santosa, H. P., Lukmantoro, T., Prastya, N. M., Isnaini, S., ... & Arofah, K. (2015). Information and Communication Technology, dan Literasi Media Digital. ASPIKOM dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Tench , Ralph and Liz Yeomans. Exploring Public Relations.
Wilcox, Dennis L., Ault, Phillip H., Agee, Warren K.,1992. Public Relations : Strategies And Tacttics (Edisi Ketiga), Harper Collins Publisher.
Pedoman Teknis Penyusunan Skripsi Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2001. UMJ PRESS : Jakarta.
Nurjanah, Adhianty. 2011. Jurnal Komunikator. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Margaretha, Titi Mora, Strategi Komunikasi Dalam Hubungan Pemerintahan (government relations) Pada Industri Minyak Dan Gas Bumi : Studi Kasus pada PT. Mosesa Petroleum, koleksi UI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).