Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Untuk Warga RT 08 RW 09 Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Umi Marfuah, Casban Casban, Didi Sunardi, Aria Purnamasari Dewi

Abstract


Kebakaran dapat terjadi tanpa diduga, meski sudah berhati-hati menggunakan peralatan yang menghasilkan api di dalam rumah, beberapa sumber penyebab terjadinya kebakaran yaitu konsleting listrik, kompor gas, membakar sampah, puntung rokok dan lilin saat mati lampu. Tujuan pelatihan dalam pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan tentang penyebab kebakaran dan tindakan pencegahannya. Peserta yang terlibat dalam pelatihan meliputi dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta, Instruktur dari Suku Dinas kebakaran Jakarta Timur dan warga RT 08 RW 09 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Teknik pelatihan dengan presentasi materi, praktik dan peninjauan hasil. Metode pelaksanaan dengan melakukan identifikasi masalah yang terjadi pada obyek, menentukan skala prioritas perbaikan dan memberikan problem solving serta feedback berupa evalusi hasil. Pelaksanaan pelatihan dapat memberikan pengetahuan tentang faktor penyebab kebakaran dirumah, sehingga dapat mendorong kepedulian masyarakat akan pentingnya tindakan pencegahan untuk menghindari kebakaran. Kesimpulan pelatihan dalam pengabdian masyarakat yaitu dapat memberikan pengetahuan mengenai faktor penyebab kebakaran dan mengetahui tindakan pencegahan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran serta dapat mendorong kepedulian dalam pencegahan  kebakaran dalam komunitas lingkungan masyarakat

Keywords


Pencegahan Kebakaran, Konsleting Listrik dan Kompor Gas.

Full Text:

PDF

References


Addawiyah, A.S. (2016). Pengembangan risk assesment dalam evaluasi manajemen penanggulangan kebakaran melalui Fault Tree Analysis. Unnes Journal of Public Health, 5(1): 5-6.

Agus Wahyono (2016). Pencegahan dan penanggulangan kabakaran. Jawa tengah : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat pengembangan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.

Amat Rahmat,dkk (2018). Studi evaluasi model bentuk atap dan fenomena kebakaran penyebab listrik pada rumah tinggal menengah ke bawah di pemukiman padat. Jurnal Arsitektur Zonasi, vol.1, no.2, h.112-122.

Ani Nidia Listianti, dkk (2018). Kitchen safety behaviour sebagai upaya preventif kebakaran di lingkungan rumah tangga. Jurnal Kesehatan. Vol. 11. No. 2, h.19-24.

Anizar, 2012, Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Anwas, Oos M. 2014. Pemberdayaan masyarakat di era global. Bandung : Alfabeta.

Dewi Kurniawati, 2013, Taktis memahami keselamatan dan kesehatan kerja, Surakarta : PT Aksara Sinergi Media.

Eni Supartini, dkk. (2017). Membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Buku pedoman Latihan kesiapsiagaan bencana. Jakarta : BNPB.

Furi Sari Nurwulandari. (2012). Kajian kemampuan masyarakat di permukiman padat dalam mitigasi kebakaran (studi kasus : Kelurahan Taman Sari, Kota Bandung) Tesis Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota. Institut Teknologi Bandung.

Hidayat, D.A., Suroto., Kurniawan, B. (2017). Evaluasi keandalan sistem proteksi kebakaran ditinjau dari sarana penyelamatam dan sistem proteksi pasif kebakaran di gedung Lawang Sewu Semarang. Jurnal Kesmas, 5(5): 134-145.

Ketutu Ima Ismara dan Eko Prianto. (2016) Keselamatan dan kesehatan kerja di bidang kelistrikan (electric safety). Solo : Adicandra Media Grafika.

Muhamad Irfanul Hadi, dkk (2019). Implementasi sistem real time peringatan kebakaran pada terminal listrik rumah tangga. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. vol.3, no.2, h. 2036-2042.

Ramli, Soehatman (2010). Manajemen kebakaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Ranti Hidayawanti (2018). Upaya tertib listrik terhadap instalatir kabel di daerah padat penduduk (study kasus kec. Tambora). Jurnal Kilat vol.7, no.1, h. 24-29.

Sucipto, CD, 2014, Keselamatan dan kesehatan kerja. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Tasdik Darmana, dkk (2018). Sosialisasi bahaya dan keselamatan penggunaan listrik di kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng. Jurnal Terang vol. 1, no. 1,h.95-105.

Yunita Adilla, dkk (2016). Faktor penyebab kerentanan kebakaran berdasarkan persepsi masyarakat di kelurahan Melayu kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi. vol. 3, No 4, h. 40-57.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.3.1.7-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ