Pengenalan Arsitektur Melalui Ketrampilan Dwimatra menggunakan Media Mosaik pada Anak Santri
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.3.1.25-30Kata Kunci:
arsitektur, mosaik, ketrampilan dwimatraAbstrak
Pengenalan Arsitektur Melalui Ketrampilan Dwimatra menggunakan Media Mosaik pada Anak Santri merupakan program pengabdian masyarakat prodi Arsitektur bekerjasama dengan Yayasan Arrahmah Duta Mekar Asri Cileungsi dengan tujuan utama Bersama meningkatkan kualitas didik anak santri. Permainan Mosaik ini dilakukan pada anak usia TK sehingga kerjasama diwakili oleh TPA Arrahmah dengan melibatkan santri sebanyak 24 orang. Permasalahan yang ditemui adalah anak santri usia TK masih dalam masa belajar sambil bermain, sehingga dibutuhkan permainan-permainan untuk mengenalkan arsitektur. Sehingga metode pelaksanaan yang digunakan adalah bermain menyusun mosaik secara berkelompok, dengan alas gambar mosaik berupa rumah tradisional. Hasil dari pengabdian masyarakat ini anak santri : (1) Mampu berekspresi dengan mosaik; (2) Meningkatkan kemampuan motorik; (3) Meningkatkan kemampuan Kognitif; (4) Mampu bekerjasama dalam kelompok; (5) Meningkatkan kreatifitas; dan (6) Relaksasi dalam belajar sambil bermain. Kata kunci: arsitektur, mosaik, ketrampilan dwimatraReferensi
Anonim. (2016). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mosaik,
Anonim. (2018). https://www.senibudayasia.com/2018/06/sejarah-mosaik-teknik-penciptaan-dan.html.
Anonim. (2011). http://duniawisata.master.web.id/wordpress/?p=979.
Anonim. (2012). http://ipsini.blogspot.com/2013/11/sejarah-seni-mosaik.html.
Arifah, R. (2014). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mosaik pada Anak Kelompok A di TK ABA Khadijah Bangunjiwo Timur Kasihan Bantul. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id
Hasnawati dan Dwi Anggraini. (2016). Mosaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Metode Pembinaan kreativitas dan ketrampilan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (2) 2016. Hal.226-231 PGSD FKIP Universitas Bengkulu. https://ejurnal.unib.ac.id/pgsd
Kalikautsar, M. (tanpa tahun). https://sains.me/sejarah-mosaik/
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).