Pengenalan Arsitektur Melalui Ketrampilan Dwimatra menggunakan Media Mosaik pada Anak Santri

Penulis

  • Yeptadian Sari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ
  • Anisa Anisa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ http://orcid.org/0000-0002-6295-426X
  • Jundi Jundullah Afgani Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ
  • Sepli Yandri Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ

DOI:

https://doi.org/10.24853/jpmt.3.1.25-30

Kata Kunci:

arsitektur, mosaik, ketrampilan dwimatra

Abstrak

Pengenalan Arsitektur Melalui Ketrampilan Dwimatra menggunakan Media Mosaik pada Anak Santri merupakan program pengabdian masyarakat prodi Arsitektur bekerjasama dengan Yayasan Arrahmah Duta Mekar Asri Cileungsi dengan tujuan utama Bersama meningkatkan kualitas didik anak santri. Permainan Mosaik ini dilakukan pada anak usia TK sehingga kerjasama diwakili oleh TPA Arrahmah dengan melibatkan santri sebanyak 24 orang.  Permasalahan yang ditemui adalah anak santri usia TK masih dalam masa belajar sambil bermain, sehingga dibutuhkan permainan-permainan untuk mengenalkan arsitektur. Sehingga metode pelaksanaan yang digunakan adalah bermain menyusun mosaik secara berkelompok, dengan alas gambar mosaik berupa rumah tradisional. Hasil dari pengabdian masyarakat ini anak santri : (1) Mampu berekspresi dengan mosaik;  (2) Meningkatkan kemampuan motorik; (3) Meningkatkan kemampuan Kognitif; (4) Mampu bekerjasama dalam kelompok; (5) Meningkatkan kreatifitas; dan (6) Relaksasi dalam belajar sambil bermain. Kata kunci: arsitektur, mosaik, ketrampilan dwimatra

Biografi Penulis

Anisa Anisa, Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ

Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UMJ 

Referensi

Anonim. (2016). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mosaik,

Anonim. (2018). https://www.senibudayasia.com/2018/06/sejarah-mosaik-teknik-penciptaan-dan.html.

Anonim. (2011). http://duniawisata.master.web.id/wordpress/?p=979.

Anonim. (2012). http://ipsini.blogspot.com/2013/11/sejarah-seni-mosaik.html.

Arifah, R. (2014). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mosaik pada Anak Kelompok A di TK ABA Khadijah Bangunjiwo Timur Kasihan Bantul. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id

Hasnawati dan Dwi Anggraini. (2016). Mosaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Metode Pembinaan kreativitas dan ketrampilan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (2) 2016. Hal.226-231 PGSD FKIP Universitas Bengkulu. https://ejurnal.unib.ac.id/pgsd

Kalikautsar, M. (tanpa tahun). https://sains.me/sejarah-mosaik/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-12