SOSIALISASI DAKWAH MELALUI MEDIA INFORMASI TEKNOLOGI DENGAN TEMA PEMAHAMAN SIKAP MUSLIM MENGHADAPI MUSIBAH PANDEMI COVID19

Irfan Santosa, Ghusni Darodjatun

Abstract


Pandemi virus Covid19 di Indonesia berlangsung sejak bulan Februari 2020, dimana hampir merontokkan semua sektor baik ekonomi, industri, perdagangan serta mentalitas manusia. Data per 13 April 2020 menunjukkan bahwa jumlah manusia di Indonesia yang terkontaminasi virus Covid19 total mencapai 4557 orang, dengan jumlah meninggal 399 orang dan pasien sembuh mencapai 380 orang (Sumber detik.com). Dari data ini maka Pemerintah Indonesia memberlakukan dan menghimbau semua rakyat untuk tetap tinggal dirumah atau Stay at Home. Dengan program untuk tetap tinggal dirumah ini maka banyak orang melakukan semua aktivitas dari rumah dari mulai bekerja, belajar, beribadah dilakukan dirumah bersama dengan keluarga. Pemberlakuan tinggal dirumah dari tanggal 13 Maret 2020 sampai sekarang membuat beberapa orang merasa jenuh, tidak sabar untuk tetap tinggal dirumah sehingga banyak orang yang tidak disiplin dalam melakukan kegiatan program ini dan tetap melakukan aktivitas biasa ditengah pandemi Covid19 ini. Dampak dari ketidak sabaran, tidak disiplin serta tidak tertib inilah yang mengakibatkan jumlah penderita yang terkontaminasi tiap hari semakin bertambah.

Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi tentang pemahaman yang seharusnya dilakukan khususnya oleh setiap muslim dalam menghadapi musibah pandemi Covid19 ini. Adapun metode yang digunakan adalah dengan membuat video dakwah berisi pesan pendek tentang kesabaran dalam menghadapi musibah yang berdurasi kurang lebih 3 menit dan menguploadnya secara daring kemudian membagi link daring tersebut melalui group yang ada di Whatsapp group. Harapan dari program pengabdian ini adalah masyarakat khususnya muslim akan banyak yang tergugah serta sadar diri untuk bisa bersabar tetap tinggal dirumah sampai pandemi Covid19 ini berakhir.

Hasil dari program ini setelah video pesan diunggah melalui Youtube kemudian disebarluaskan melalui whatsapp grup dan ditonton kurang lebih 150 kali terdapat 25 orang merespon dengan mengirimkan pesan komentar terhadap video ini dan 25 orang tersebut akan berusaha untuk tetap bersabar dalam menghadapi ujian dan melaksanakan program pemerintah untuk tetap tinggal dirumah sampai wabah pandemi ini mereda

Keywords


Dakwah, Media Informasi Teknologi, Sikap Muslim

Full Text:

PDF

References


Aunurrohman, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan 7 Penerbit : Alfabeta Bandung.

Kemp, J.E & Dayton, D.K. 1985. Planning and Producing Instructional Media. Cambridge : Harper & Row Publishers, New York.

Nazirman, 2018. Konsep Metode Dakwah Bil Hikmah dan Implementasinya dalam Tabligh. Al hikmah : Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 1.

Ronald, H. 1993. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Penerbit : Rajawali Pers Jakarta.

https://news.detik.com/infografis/4975606/grafik-data-kasus-baru-corona-per-hari-di-ri-data-2-maret-13-april-2020.

https://www.youtube.com/watch?v=LpP7h0NEY8c.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.3.2.43-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ