Analisis Kepuasan Relawan Baznas Kota Depok Pada Pelatihan Virtual Pembuatan Handsanitizer Berstandar WHO

Herliati Herliati, Yeti Widyawati, Mubarokah N D, Dody Guntama, Lukman Nulhakim

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan  dan  tingkat  kepuasan Peserta Pelatihan pembuatan hand sanitizer. Landasan pemikiran dalam kajian ini adalah untuk membandingkan pelayanan Pelatihan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya (FTIUJ) yaitu antara kenyataan dengan harapan peserta pelatihan yang diukur dengan 7 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat  (IKM).  Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah sebanyak 20 responden dari perserta Pelatihan yaitu relawan BAZNAS Kota Depok. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan  melalui  penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Hasil analisis Pelatihan Pembuatan hand sanitizer kepada relawan BAZNAS Kota Depok, diperoleh rata-rata nilai indeks 3,5 dari 7 variabel yang berada dalam nilai interval 2,86 – 4,00 atau nilai interval konversi sebesar 88,2% yang berada dalam nilai interval konversi antara 81,26 – 100,00. Angka ini menunjukkan bahwa Mutu Pelayanan program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh dosen-dosen FTIUJ mendapatkan nilai A yang berarti “Sangat Baik/Sesuai”.

Keywords


analisis kepuasan masyarakat, BAZNAS, handsanitizer, WHO

Full Text:

PDF

References


BAZNAS, Proposal Kadeudeh Pangan, Depok, 2020.

WHO, Guide to Local Production: WHO-recommended Handrub Formulations, 2020.

A. Saputra, "Analisis Indeks Kepuasan Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I Terhadap Pelayanan Penyelenggaraan Pelatihan Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA)," Pusat Pengembanhan Sumber Daya Mineral, Jakarta, 2013.

MENPAN, Surat Keputusan tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Pemerintah, Jakarta, 2004.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2013.

U. Brawijaya, "Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB," Pusat Informasi, Dokumentasi, dan Keluhan , Malang, 2012.

R. J. A. Sudarto, R. J. Poluan and E. D. Takumansang, "Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik PT Air Manado," Sabua, vol. 6, no. 3, pp. 307 - 319, 2014.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.3.1.31-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ