Analisis Kepuasan Relawan Baznas Kota Depok Pada Pelatihan Virtual Pembuatan Handsanitizer Berstandar WHO
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.3.1.31-38Keywords:
analisis kepuasan masyarakat, BAZNAS, handsanitizer, WHOAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan dan tingkat kepuasan Peserta Pelatihan pembuatan hand sanitizer. Landasan pemikiran dalam kajian ini adalah untuk membandingkan pelayanan Pelatihan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya (FTIUJ) yaitu antara kenyataan dengan harapan peserta pelatihan yang diukur dengan 7 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 responden dari perserta Pelatihan yaitu relawan BAZNAS Kota Depok. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Hasil analisis Pelatihan Pembuatan hand sanitizer kepada relawan BAZNAS Kota Depok, diperoleh rata-rata nilai indeks 3,5 dari 7 variabel yang berada dalam nilai interval 2,86 – 4,00 atau nilai interval konversi sebesar 88,2% yang berada dalam nilai interval konversi antara 81,26 – 100,00. Angka ini menunjukkan bahwa Mutu Pelayanan program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh dosen-dosen FTIUJ mendapatkan nilai A yang berarti “Sangat Baik/Sesuai”.References
BAZNAS, Proposal Kadeudeh Pangan, Depok, 2020.
WHO, Guide to Local Production: WHO-recommended Handrub Formulations, 2020.
A. Saputra, "Analisis Indeks Kepuasan Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I Terhadap Pelayanan Penyelenggaraan Pelatihan Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA)," Pusat Pengembanhan Sumber Daya Mineral, Jakarta, 2013.
MENPAN, Surat Keputusan tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Pemerintah, Jakarta, 2004.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2013.
U. Brawijaya, "Indeks Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) UB," Pusat Informasi, Dokumentasi, dan Keluhan , Malang, 2012.
R. J. A. Sudarto, R. J. Poluan and E. D. Takumansang, "Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik PT Air Manado," Sabua, vol. 6, no. 3, pp. 307 - 319, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).