PENGARUH PERSEPSI NASABAH DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK WADIAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP MAYESTIK

Putri Nurhaliza, Dyarini Dyarini

Abstract


Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi nasabah dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah produk wadiah yad-dhamanah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Mayestik.

 

Desain/Metode/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan penyebaran kuesioner sebagai instrumennya. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Yayasan Al Hasra Bojongsari Depok. Proses pengambilan sampel menggunakan probability sampling yang menghasilkan 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi nasabah dan keunggulan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah produk wadiah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Mayestik.

 

Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini menambah khazanah keilmuan pelayanan nasabah bank syariah serta memberi masukan bagi Bank Syariah Indonesia agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah produk wadiah yad-dhamanah. Penelitian ini hanya dilakukan pada karyawan Yayasan Al Hasra sebagai nasabah produk wadiah Bank Syariah Indonesia KCP Mayestik dan variabelnya hanya persepsi nasabah dan keunggulan produk, kedepannya bisa dikembangkan dengan sampel dan variabel yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Agustina, R. (2021). Efek Kualitas Produk Dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(3).

Aldiguna, I. G. A., Semarajaya, C. G. A., & Mayun, I. A. (n.d.). Studi Persepsi Pengunjung pada Taman Janggan, Denpasar.

Alhusain, A. S. (2021). Bank Syariah Indonesia: Tantangan Dan Strategi Dalam Mendorong Perekonomian Nasional. Info Singkat: Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 13(3), 19–24.

Arifin, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Wadiah Pasar pada PT BPRS Safir Kota Bengkulu. IAIN BENGKULU.

bankbsi.co.id. (2022). Produk dan Layanan https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/tipe/individu/kategori/tabungan

Burhan, I., Afifah, N., & Sari, S. N. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Insan Cendekia Mandiri.

Dimyati, M., Afandi, M. F., & Destari, F. (2020). Membangun Kepuasan Nasabah Berbasis Dimensi Banking Service Quality (Studi Bank Syariah di Kabupaten Jember).

Handi, I. (2013). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.

Henard, D. H., & Szymanski, D. M. (2001). Why Some New Products are More Successful than Others. Journal of Marketing Research, 38(3), 362–375.

Iffah, L. (2018). Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79–96.

Karim, K. (2020). Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing Strategy. London: London Business Forum.

Marlina, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pasca Merger Bank Syariah Indonesia Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mayantoko, N., Isyanto, P., & Hasbullah, R. (2013). Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Hoka-Hoka Bento Cabang Mall Karawang). Journal Manajemen, 11(1), 1–14.

Novaldi, D., Fasa, M. I., Suharto, S., & Monalysa, L. (2021). Analisis Kondisi Tingkat Kepercayaan Masyarakat Akibat Merger Bank Syariah Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(3), 754–776.

Rini, D. M., Hufron, M., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk IB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank BNI Syariah Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(22).

Syahputra, E. (2022). Sssttt... BSI Bocorkan Strategi Memenangi Persaingan. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220923180722-17-374565/sssttt-bsi-bocorkan-strategi-memenangi-persaingan

UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, (2008).

Zainul, Z. R., Ayumiati, A., & Zakia, Y. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan, Dan Motif Religius Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Syariah Mandiri di Banda Aceh. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 83–96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ