PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020

Sepdian Wicaksono, Khusnatul Zulfa Wafirotin, Iin Wijayanti

Abstract


Tujuan Penelitian: Penelitian ini merujuk pada data sekunder perusahaan sektor industri barang konsumsi yang diperoleh dari perusahaan Bursa efek Indonesia (BEI) yang mempublikasikan laporan keuangan tahunan pada tahun 2018-2020.

 

Desain/metode/pendekatan: Metode untuk memilih sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Menggunakan metode rasio perhitungan (DER) untuk struktur modal, struktur kepemilikan institusonal, dan (ROA) untuk mengukur rasio kinerja keuangan.

 

Hasil penelitian: Hasil penelitian menyimpulkan bahwa struktur modal berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hal ini ditujukkan karena adanya pengaruh negatif antara struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA). Struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. diduga pemilik perusahaan tidak bisa mengendalikan perilaku manajemen sehingga bertindak tidak sesuai dengan tujuan perusahaan.  Struktur modal dan struktur kepemilikan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Semakin besar kepemilikan saham oleh investor institusional, maka semakin besar kekuatan suara atau dorongan institusi keuangan untuk mengawasi manajemen sehingga akan memeberikan dorongan yang lebih besar untuk mengoptimalkan nilai perusahaan sehingga kinerja keuangan perusahaan juga akan meningkat.


Full Text:

PDF

References


Ardianingsih, A., & K. Ardiyani (2016). Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Pena, Vol. 19 No. 2

Arnindasari, R. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Calvin, J. C. (2016). Pengaruh Struktur Modal Tehadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Sub Sektor Property dan Real Estate di BEI. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Dewi, N.K.V.C, Wayan C., dan I Ketut K. (2015). Pengaruh LDR, LAR, DER dan CR Terhadap ROA. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.3.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, Lawrence. (2009). Principles of Manajerial Finance 12th Edition. New York: Pearson Prentice Hall.

Hanafi, Mamduh M., dan Abdul Halim. (2012). Analisis laporan Keuangan, Edisi 4. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Haryono, S. A., Fitriany, dan Fatima, E. (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Struktur kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 14 (2), 119-140.

Hastuti R. T., dan Rousilita Suhendah. (2015). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Sektor Keuangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2010. Jurnal Ekonomi. Vol 20, 02.

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh profitabilitas, growth opportunity, struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan publik di Indonesia. Buletin ekonomi moneter dan perbankan, 16(2), 127-148.

Ikin Solikin, Mimin. W, Sofie D.L. 2013. Pengaruh struktur kepemilikan, strukturmodal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Vol. 3, No.2. 774-790 Universitas Pendidikan Indonesia.

Indra (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan Komunikasi di Asean tahun 2016-2017. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Kartika, A. (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Dinamika Keuangan dan Perbankan, 1(2), 105-122.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Komara, A., Hartoyo, S., & Andati, T. (2016). Analisis pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(1).

Kurniawati, A. (2016). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Ketepatan Waktu Dalam Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Lukviarman, Niki. (2016). Corporate Governance. Solo: PT Era Adicitra Intermedia.

Maith, H. A. (2013). Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Mandasari R., dan Mukaram (2018). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real estateyang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016). Jurnal Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar Vol 9, Hal 584-593.

Margaretha, F. (2011). Manajemen Keuangan untuk Manajer Non keuangan. Jakarta: Erlangga.

Martono dan A. Harjito. (2013). Manajemen Keuangan (Edisi 3). Ekonisia. Yogyakarta.

Munawir, S. (2010). Analisis laporan Keuangan. Edisi 4. Cetakan 15. Yogyakarta: Liberty.

Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keungan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ningsih, R. W, Nur Diana dan Junaidi. (2019). Pengaruh Good Coporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi, Vol 8 (02).

Petta, B. C., & Tarigan, J. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan Melalui Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Business Accounting Review, 5(2), 625-636.

Pujiati. (2015). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Puniayasa, I. M., & Triaryati, N. (2016). Pengaruh good corporate governance, struktur kepemilikan dan modal intelektual terhadap kinerja keuangan perusahaan yang masuk dalam indeks CGPI. (Doctoral dissertation, Udayana University).

Putra, R. P. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Suatu Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014). Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Rezky, Dessa Auliyaa (2017). Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Riyanto, Bambang. (2012). Dasar-dasar Pembelanjaan, Edisi 4, Yogyakarta: BPFE.

Sari, D. V., & Haryanto, A. M. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008–2010. (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sarmento, M. N. C. (2018). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Air Minum Ira-Mor Dengan Perusahaan Bemor Di Timor Leste (Study Kasus Perusahaan Ira-Mor Dan Perusahaan Bemor, Dili, Timor Leste)

Sartono, Agus. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sawir, Agnes. (2004). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sinaga, S. A. (2019). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Swasta Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia di Jakarta.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Surabaya: Penerbit Erlangga.

Suardikha, M. S., & Apriada, K. (2016). Pengaruh struktur kepemilikan saham, struktur modal dan profitabilitas pada nilai perusahaan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 44768.

Sugiarto. (2009). Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri. Yogyakarta: Penerbit Grha Ilmu.

Sujarweni, V. W. (2019). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Wardiyah, Mia Lasmi. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Werang, Basilius Raden. (2015). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Penerbit Calpulis.

Winanda, N. N. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ