FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020

Irmawati Irmawati, Maya Agustina, Rusnaidi Rusnaidi, Afriosa Al Mawaddah, Rizki Amalia

Abstract


Tujuan Penelitian : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Ukuran KAP, Opini Audit dan Pergantian Manajemen terhadap Auditor Switching pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 114 sampel Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Desain/Metode/Pendekatan: Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan mengggunakan analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Hasil Penelitian: . Hasil penelitian menunjukan bahwa Ukuran KAP, Opini Audit dan Pergantian Manajemen secara simultan berpengaruh positif terhadap Auditor Switching pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ukuran KAP, Opini Audit dan Pergantian Manajemen secara parsial berpengaruh positif terhadap Auditor Switching pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 


Full Text:

PDF

References


Antoni, Putra dan Rahayu. (2018). PengaruhPergantianManajemen, Opini Audit, Ukuran KAP danOpini Audit Going Concern Terhadap Auditor Switching. Jambi: Jurnal Akuntansi Unihaz.

Arens, Alvin A., et. al. (2015). Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintegrasi. Jilid 1. Edisi lima belas-Jakarta. Erlangga.

Arga, Caraka Dian. (2016). “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi auditor switching di Indonesia : Studi empiris pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2014”. Jurnal akuntansi dan keuangan.

Chadegani, et al. (2011). The Determinant Factors of Auditor Switch among Companies Listed on Tehran Stock Exchange. International Research Journal of Finance and Economics.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hasan, Misbahudin, Iqbal. (2013), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta, Bumi Aksara.

Herawaty dan Ovami (2021) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi.

Ismaya, Nur. (2017). “Pengaruh Opini Audit, Pergantian Manajemen, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan Kliean dan Audit Fee Terhadap Auditor Switching Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar di BEI 2010-2015”. Institut agama islam negeri surakarta.

Julia, Editha. Pasoloran, Oktavianus dan Sabandar, Sita Yubelina. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching Secara Voluntary”. Paulus Journal Of Accounting. Vol. 1. No. 1

Lubis, Rahmat Hidayat dan Ratna Sari Dewi.(2017). MudahMenghitungdanMengisi E-SPT PajakPenghasilanPasal 21/26 (PPhPasal 21/26). Medan: PT Citra AdityaBakti.

Mulyadi. (2014). Auditing. Edisi Keenam. Salemba Empat: Jakarta.

Pradnyani, Ni Putu Intan dan Latrini, Made Yeni.(2017). “Pergantian Manajemen Sebagai Pemoderasi Pengaruh Ukuran KAP dan Audit Tenure Pada Auditor Switching”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 17/PMK.01/2008 pasal 3 tentang “Jasa Akuntan Publik”.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang Praktik Akuntan Publik.

Prasetyaningrum, Hertias. (2015). “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi auditor switching. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri, Desty Eka dan Nazar, Muhammad Rafki. (2015). “Pengaruh Pergantian Manajemen, Ukuran Perusahaan Klien Dan Opini Auditor Terhadap Keputusan Auditor Switching”.E-Proceeding of Management ,Vol. 2, No. 1.

SPAP. 2001. SA SEKSI 508 (PSA No. 29) Laporan Auditor atas Laporan Keuangan Auditan, Standar Profesional Akuntan Publik.

Stephanie, J., & Prabowo, T. W. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2015). Diponegoro Journal of Accounting.

Sugiyono. (2017).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Wahyuni, Siti. (2019). “Pengaruh Profesional, Pertimbangan Pasar Kerja, Peran Gender, Lingkungan Dan Keluarga Dalam Memilih Karier Akuntan Publik”. Jurnal ilmiah riset akuntansi. Vol. 8, No. 4.

Wardani, tirtasmas wisnu. (2018). “Pengaruh Kompetensi, Akuntanbilitas Dan Independensi Pada Kualitas Audit Dengan Gender Auditor Sebagai Variabel Moderasi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 23, No. 1 ISSN: 2302-8556, hal. 31-59.

Wea, Alexandros Ngala Solo dan Murdiawati, Dewi. (2015). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching Secara Voluntary Pada Perusahaan Manufaktur”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). hal.78

Wijayani, E D dan Januarti, I. (2016). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Di Indonesia Melakukan Auditor Switching”. SNA XIV 2011. Aceh

Wijayanti, Harnanto dan Masitoh (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014 - 2017). Jurnal Akuntansi. Vol. 14, No. 1, April 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ