ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM, ABNORMAL RETURN, DAN RISIKO TIDAK SISTEMATIK SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT

Listya Istiqoma, Febriyanto Febriyanto, Nani Septiana

Abstract


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat perbedaan harga saham, abnormal return, dan risiko tidak sisematik sebelum dan sesudah stock split.

 

Desain/Metode/Pendekatan : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan event study dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang stock split pada periode 2019-2021. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan. Analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, dan uji beda Paried Sampel T-Test digunakan bila data berdistribusi normal sedangkan jika data tidak berdistribusi normal maka digunkan uji wilcoxon Singed Rank Test.

 

Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tidak terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah stock split. 2) Terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah stock split. 3) Tidak terdapat perbedaan risiko tidak sistematik sebelum dan sesudah stock split.


Full Text:

PDF

References


Fahmi, I. 2015. Manajemen Investasi Edisi 2 Teori Dan Soal Jawab. Salemba Empat. Jakarta

Febriyanto. 2018. Keputusan Diversifikasi Portofolio Investasi Diera MEA, Fidusia: jurnal keuangan dan perbankan , 1(2)

Hartono, J. 2011. Metodelogi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah Dan Pengalaman-Pengalaman. BPFE-Yogyakarta

Hartono, J. 2017. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kesebelas. Edisi Kesebelas . Cetakan Kedua. BPFE-Yogyakarta.

Mahala, F. L., Zahroh., Dwiatmanto. 2015. Analisis Harga Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split (Studi Pada Perusahaan yang Melakukan Stock spit di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25 (1),

Munthe. K., 2016. Perbandingan Abnormal Return dan Likuiditas Saham Sebelum dan Sesudah Stock Split : Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi, XX(2), h. 254-266.

Pratiwie, I., Hamdan A, U., & Ali, H. (2009). Pengaruh Publikasi Pemecahan Saham (Stock Split) Terhadap Perubahan Resiko Sistematis, Risiko Unsistematis Dan Return Saham BI BEI. Thesis. Sriwijaya University

Prowanta, E., Herlianto, D., 2020. Manajemen Investasi dan Portofolio. Cetakan Pertama. Gosyen Publishing. Yogyakarta.

Pujaastawan, G., Suarjaya., A., A., G. 2016. Pengaruh Pengumuman Pemecahan Saham Terhadap Abnormal Return Saham Di Bursa Efek Indonesia, E-Jurnal Manajemen Unud, 5 (11), h. 7030-7051.

Sudana., I., M. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. PT. Gelora Aksara Pratama, Erlangga.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-23. Alfabeta. Bandung.

Tobing, T., L., Pratomo., W., A. 2014. Analisis Dampak Stock Split Terhadap Harga Saham Dan Volume Perdagangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI (Sektor Manufaktur, Pertambangan, Finansial Dan Agrikultur Tahun 1010-2013), Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 25 (1), 448-462.

https://www.ksei.co.id/ Diakses pada 11 Januari 2022 (19:05)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ