PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP PERMINTAAN KREDIT KONSUMTIF PADA BANK XX KCP

Novi Anisfujiyati S

Abstract


Tujuan Penelitan : Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat pengaruh dari suku bunga kredit terhadap Permintaan Kredit Di Bank XX KCP. 

Desain/Metode/Pendekatan : Penelitian Kuantitatif merupakan jenis yang digunakan penulis untuk mengolah data yang berbentuk angka dengan menggunakan Software SPSS untuk menjelaskan bagaimana hubungan variabel X dengan Variabel Y. Populasi yang digunakan adalah jumlah nasabah yang menggunakan jasa kredit konsumtif produk Kredit Guna Bhakti pada PT. Bank XX KCP. Sampel yang digunakan adalah nasabah jasa kredit konsumtif dari bulan Januari – Desember periode 2017 – 2021. Teknik penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi dan wawancara merupakan Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data – data yang diperlukan.


Hasil penelitian : Pada hasil penelitian ini diketahui bahwa suku bunga kredit berpengaruh negatif terhadap penyaluran jumlah kredit. Hasil penelitian ini searah dengan penelitian yang telah dilakukan oleh (Islamiah, 2019), yang menjelaskan bahwa tingkat suku bunga kredit mempunyai pengaruh negatif terhadap jumlah penyaluran kredit. Manajemen Suku bunga kredit sudah diimplementasikan dengan baik pada Bank XX KCP salah satu implementasi nya yaitu Bank XX KCP menggunakan metode flat rate dan penetapan suku bunga kredit sudah sesuai dengan standar yang diberlakukan, manajemen suku bunga kredit sangat penting dilakukan di dalam sebuah perusahaan perbankan guna tercapainya tujuan utama dari bank itu sendiri yaitu memperoleh keuntungan. Suku bunga kredit merupakan bentuk dari timbal balik nasabah kepada bank dan hasil tersebut dijadikan sebagai keuntungan untuk bank.

Kontribusi Teori :

  1. Penelitian (Hasniar, 2016), Pengaruh tingkah suku bunga kredit terhadap permintaan KMK pada Bank BRI Kantor Cabang Jeneponto di Kabupaten Jeneponto, populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah jumlah data laporan permintaan kredit modal kerja dan data suku bunga kredit untuk 5 tahun yaitu tahun 2010-2014.
  2. Penelitian (Indriani, 2015), Pengaruh tingkat suku bunga terhadap volume kredit pada Bank BRI Cabang Sungguminasa-Gowa, populasi yang digunakan yaitu data permintaan kredit tahun 2008-2014 dan tingkat suku bunga kredit.
  3. Penelitian (Islamiah, 2019), Pengaruh tingkat suku bunga terhadap volume kredit pada Bank Mayapada Internasional, populasi yang digunakan adalah  data permintaan kredit dan data suku bunga tahun 2014-2018.

 

Keterbatasan : Keterbatasannya ialah objek penelitian hanya difokuskan di satu faktor jumlah penyaluran jumlah kredit yaitu suku bunga kredit yang dimana ada beberapa faktor lain yang dapat berpengaruh dalam penyaluran kredit.


Full Text:

PDF

References


Andrianto., Fatihuddin, D. , & Firmansyah, M. (2019). Manajemen Bank. CV. Penerbit Qiara Media . www.google.com

Hrp, A. , & Saraswati, D. (2020). BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA. CV. Jakad Media Publishing .

Sumartik, & Hariasih, M. (2018). BUKU AJAR MANAJEMEN PERBANKAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Syaifuddin, D. Takdir. , Saleh, Salma. , & Zaid, Sudirman. (2018). Manajemen Bank Komersial. In Manajemen Bank Komersial. Wijana Mahadikarya.

Hasniar. (2016). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PERMINTAAN KREDIT MODAL KERJA (KMK) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG JENEPONTO.

Indriani. (2015). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP VOLUME KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO).

Islamiah, Nurhidayati. (2019). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Terhadap Volume Kredit Pada P.T. Bank Mayapada Internasional, TBK Periode 2014-2018. 7(2 Desember 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ