PENGARUH INSENTIF PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK SELAMA PANDEMI COVID-19

Muh Assiddiq Rustan, Masrullah Masrullah, A. Jam’an

Abstract


Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Insentif Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kabupaten Enrekang. 

 

Desain/Metode/Pendekatan: Untuk mencapai tujuan tersebut, pelaksanaan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari dokumen KP2KP Kabupaten Enrekang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Karyawan di KP2KP Kabupaten Enrekang. Dalam hal ini menggunakan sampel 12 tahun terakhir yaitu dari tahun 2010-2021 tersebut dinyatakan valid dan reliabel karena berupa data sekunder, juga telah di uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolineritas. teknik regresi linear berganda.

 

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Insentif pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak hasil uji statistik secara parsial menunjukkan koefisien regresi variabel insentif pajak sebesar -2,182 nilai ini tidak signifikan pada tingkat signifikansi 0,057 dengan p value 0,000. Secara lebih tepat hasil ini didukung oleh hasil perbandingan thitung dengan ttabel diperoleh nilai thitung -2,182 > 1,833 ttabel. dan sanksi pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Enrekang hasil uji statistik secara parsial menunjukkan koefisien regresi variabel kepatuhan wajib pajak sebesar -1,394 nilai ini tidak signifikan pada tingkat signifikansi 0,197 dengan p value 0,000. Secara lebih tepat hasil ini didukung oleh hasil perbandingan thitung dengan ttabel diperoleh nilai thitung -1,394 < 1,833 ttabel.

 


Full Text:

PDF

References


Erly Suandy, Perencanaan Pajak, Salemba Empat, Jakarta, 2006, hlm. 18.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Moravec, L. and Radvan, M. (2016). Surcharges and penalties in tax law. In book: Surcharges and Penalties in Tax Law (pp.24)Edition: 1.Chapter: Chapter 14: Czech RepublicPublisher: Amsterdam: International Bureau of Fiscal Documentation.

Syanti Dewi Widyasari Nataherwi,(2020) Pengaruh Insentif Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol. 9 No. 2 Oktober 2020 hlm. 108-124


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ