PENGARUH SISTEM KUALITAS PELAYANAN, KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sistem kualitas pelayanan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor, untuk membuktikan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor, untuk membuktikan bahwa sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor.
Desain/Metode/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan data primer, kuantitatif sebagai metode pengumpulan data dan accidental sampling sebagai metode pengumpulan sampel. Subyek penelitian ini adalah sistem kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak. Ada 100 responden dan dibagikan kuesioner selama penelitian. Hasil kuesioner 100 responden dikembalikan semua guna dimasukkan dalam analisis penelitian. Penelitian ini menggunakan Servqual sebagai model pengukuran kinerja.
Hasil Penelitian: Bukti empiris menemukan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan membayar pajak. Namun, sistem kualitas pelayanan, sanksi pajak tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak.
Kontribusi Teori: Penelitian ini mengadopsi teori servqual, teori atribusi, teori obidence atau kepatuhan, teori akuntansi keperilakuan relevan. Pada penelitian ini menggunakan teori servqual sebagai model pengukuran berbasis kinerja dan berbasis kesenjangan guna untuk mengatasi terjadinya kecurangan terhadap sistem kualitas pelayanan.
Full Text:
PDFReferences
Asri, Manik. 2009. The Effect of Service Quality, Tax Compliance Costs, and Taxpayer Awareness on Reporting Compliance of Corporate Taxpayers Registered at the Denpasar Madya Tax Service Office. Denpasar: Department of Accounting at the faculty of Economics, Udayana University.
Badan Pendapatan Daerah. 2022. “Target Dan Realisasi Pos Pajak Daerah Provinsi Lampung Menurut Sumber Dana Tahun 2020-2021”. Diakses pada 1 Agustus 2022. http://bapenda.lampungprov.go.id
Badan Pusat Statistika. 2022. “Jumlah Kendaraan Bermotor yang Beroperasi Di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Jenis Kendaraan Pada Tahun 2019-2021”. Diakses pada 1 Agustus 2022. https://www.bps.go.id
Chin, (1998). The Partial Least Squares Aproach to Stuctural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336
Cindy Apriani Chandra, R. I. A. (2018). Pengaruh Tingkat Pemahaman Pajak, Kualitas Pelayanan Publik, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Di DKI Jakarta (Studi Kasus Pengendara Ojek Online). Jurnal Akuntansi, 7(2).
Cronin, J.J and Taylor, S.A. (1994) ‘SERVPERF versus SERVQUAL: reconciling performance-based and perceptions-minus-expectations measurement of service quality’, Journal of Marketing, Vol. 58, No. 1, pp. 125-131.
Fatmawati, S., & Adi, S. W. (2022). Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tingkat Pemahamam Pajak, Tingkat Pendapatan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada SAMSAT Kota Surakarta). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 883-890.
Ghozali, I. 2014. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Universitas Diponegoro: Semarang.
Heider, Fritz. 1958. The Psychologybof Interpersonal Relations, New York: Wiley
Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi pajak, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di kantor samsat gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).
Kotler P.; Keller K. (2009). Marketing Management : International Version, 2009.
Krisnadeva, A. A. N., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1425-1440.
Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Terbaru. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Pasal 260 ayat 1 Tahun 2009. Tentang Pelanggaran Lalu Lintas
Peeler, G. H. 1996. Selling in the quality era. Blackwell Business, USA.
Peraturan kepala kepolisian Negara Republik Indonesia No 5 Tahun 2012 tentang regritrasi dan indentifikasi kendaraan bermotor
Rachmawati, R. N., & Wibawa, E. S. (2020). Pengaruh Kepatuhan Terhadap Pelanggaran Pajak Dan Penyajian Terhadap Pembayaran Pajak Alat Transportasi Kendaraan. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 13(2), 127-130.
Rahmad Solling Hamid, Dr. Suhardi M Anwar, Drs., M.M. Buku Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian.
Rismayanti, N. W. I. (2021). Pengaruh Kewajiban Moral, Sosialisasi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Hita Akuntansi dan Keuangan, 2(3), 234-251.
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang P-ISSN, 2339, 0867.
Rizkiani, N. (2022). The Effect of Taxpayer Awareness, Quality of Service, And Tax Penaltes on Taxpayer Compliance At Sasmsat Bersama Office In The East Jakarta. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 1(2), 127-137.
Samer E Dahiyat, Mamoun N Akroush, Bayan N Abu-Lail. 2011. An Empirical Examination of The Mediation Effects of Customer Satisfaction and Customer Trust. Journal Services and Operations Management, 9(4)
Sarifah, N., Sukidin, S., & Hartanto, W. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 14(2), 352-356.
Sarli Rahman, Fadrul, Yusrizal, Robert Marlyna, Mujtaba M Momin. (2022). Improving the Statisfaction and Loyalty of Online Shopping Customer Based on E-Commerce Inovation and E-Service Quality. Journal International of Business Universitas Gajah Mada, 24(1), 56-81.
Sarlina, L., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2019). Pengaruh akses pajak, fasilitas, kualitas pelayanan dan persepsi adanya reward terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Fairvalue: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 145-160.
Sista, N. P. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Gianyar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen), 1(1), 142-179.
Spreng, R.A. and MacKoy, R.D. (1996) ‘An empirical examination of a model of service quality and satisfaction’, Journal of Retailing, Vol. 72, pp.201-214.
UU No. 22 Tahun 2009. Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan
UU RI No. 28 Tahun 2009. Tentang Pengertian Pajak Kendaraan Bermotor
UU RI Pasal 1 No. 28 Tahun 2009. Tentang Pengertian Pajak Kendaraan
Refbacks
- There are currently no refbacks.