PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN

Shinta Oktaviani Injayanti, Mumun Maemumah, Carolyn Lukita

Abstract


Tujuan Penelitian : Persaingan bisnis yang semakin ketat memaksa perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan guna mencapai tujuan utamanya, karena kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat oleh calon investor untuk menentukan investasi saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh good corporate governance (kepemilikan institusional, kepemilikan manjerial) dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan

 

Desain/Metode/Pendekatan : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 27 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia 2017-2020. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan SPSS 16.

 

Hasil Penelitian : Hasil penelitian kepemilikan isntitusional berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap kinerja. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan hal ini disebabkan karena ukuran perusahaan digunakan sebagai ktriteria investor untuk berinvestasi sehingga semakin besar ukuran perusahaan semakin besar pula kesempatan perusahaan mendapatkan dana.

 

Kontribusi Teori : Hasil penelitian ini sesuai dengan teori agensi yang menyatakan ukuran perusahaan digunakan sebagai kriteria bagi pemegang saham sebelum memutuskan pihak mana yang dapat dikontrak untuk memberikan layanan yang menguntungkan pemegang saham Luqman, (2017). Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Rahardjo, (2021) yang menunjukan bahwa GCG dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan.

 

Kontribusi Praktik/Kebijakan : Penerapan prinsip-prinsip good corporate governance yang baik dianggap penting untuk peningkatan kinerja keuangan yang berkelanjutan. Kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial (good corporate governance) dan ukuran perusahaan merupakan seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham dan stakeholder lainnya agar seimbang hak dan kewajibannya sehingga perusahaan yang menjalankan good corporate governance yang baik akan membuat sistem pengawasan lebih baik sehingga turunnya tindakan oportunitik.

 

Keterbatasan : Penelitian ini melakukan pengujian dengan outlier data, sehingga sehingga harus mengeluarkan data ekstrim dan diharapkan dapat membentuk data yang berdistribusi normal.


Full Text:

PDF

References


Abhirama, E. D. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kualitas Laba Dengan Struktur Kepemilikan Sebagai Variabel Moderasi. Diponegoro Journal of Accounting, 10(4), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Ardiani, N. L. N., & Sudana, I. P. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Manajemen Laba. E-Jurnal Akuntansi, 24(3), 2333.

Gunawan, H. H., Pambelum, Y. J., & Angela, L. M. (2019). Pengaruh Corporate Governance, Intellectual Capital, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Jurnal Akuntansi Dan Governance Andalas, 1(1), 62–90. www.jaga.unand.ac.id

Hamdani. (2016). Good Corporate Governance Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis. Mitra Wacana Media.

Kemenprin. (2021). Pasok Kebutuhan Pangan Selama Pandemi, Kontribusi Industri Mamin Meroket. Https://Kemenperin.Go.Id/. https://kemenperin.go.id/artikel/22682/Pasok-Kebutuhan-Pangan-Selama-Pandemi,-Kontribusi-Industri-Mamin-Meroket

Luqman, O. (2017). The effect of firm size on performance of firms in Nigeria. The IEB International Journal Of Finance, 15(4), 68–87. https://doi.org/10.5605/IEB.15.4

Priyamanda, P., & Jayanti, F. D. (2021). Effect of Corporate Social Responsibility on Corporate Profitability. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–14.

Rahardjo. (2021). Pengaruh Intellectual Capital, Good Corporate Governance, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 10(1), 1–17.

Riyanto. (2013). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan (4th ed.). BPFE-Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ