PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BEI

Ameliana Putri, Carolyn Lukita, Devi Astriani

Abstract


Tujuan penelitian: Setiap perusahaan memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kinerjanya dengan memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham dan pemilik melalui peningkatan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan fokus utama agar dapat menarik minat investor dan calon investor untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ROA, DER dan ukuran perusahaan terhadap PBV

 

Desain/metode/pendekatan: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 yaitu berjumlah 63 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria, maka diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan selama periode pengamatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistics versi 26. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ROA, DER dan ukuran perusahaan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah PBV.

 

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, DER dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV dan secara simultan ROA, DER dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.

 

Kontribusi teori: Hasil penelitian ini sejalan dengan Ranti (2022), Pramudia & Fuadati (2020) dan Nugraha (2020) yang menyatakan bahwa hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para investor  untuk mengambil keputusan dalam menanamkan modalnya

 

Kontribusi praktik/kebijakan: Berdsrkan hasil penelitian, apabila perusahaan sektor industri barang konsumsi menginginkan nilai perusahaannya meningkat maka perusahaan perlu meningkatkan ukuran perusahaan agar dapat menarik minat investor dalam menanamkan modal dan berinvestasi. Selain itu, perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan profitabilitas untuk menghindari hutang yang berlebihan serta resiko gagal bayar dengan memperoleh laba berdasarkan modal saham yang dimiliki.

 

Keterbatasan: Keterbatasan dalam penelitian ini adalah terdapat sejumlah data yg dikeluarkan dari pengujian, penelitian ini melakukan outlier data karena memiliki data yang ekstrem. Data yang di outlier sebanyak 60 data sehingga tersisa 75 data.


Full Text:

PDF

References


Andriani, N. D., & Panglipurningrum, Y. S. (2020). Profitabilitas, Likuiditas dan Rasio Aktivitas Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018. Jurnal Buana Akuntansi, 5(2), 69–84.

Bagaskara, R. S., Titisari, K. H., & Dewi, R. R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Forum Ekonomi, 23(1), 29–38.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo.

Himawan, H. M. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Periode 2016-2018. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 10(4), 1–20.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba. Surabaya: Scopindo.

Kurniawati, E. s., Hendra, K., & Nurlaela, S. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Politeknik Negeri Malang, 3(1), 158–174.

Mariani, D., & S. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 59–78.

Nugraha, R. A., & Alfarisi, M. F. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management, 5(2), 370–377.

Pramudia, N. S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(7), 2–19.

Putra, I. W., Mangantar, M., & Untu, V. N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Emba, 9(2), 92–100.

Ranti, M., & Pertiwi, T. K. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 9(1), 12–20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ