PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN DAN MORALITA INDIVIDU TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA BAPPEDA KOTA PAREPARE

Syahrijal Radi, Rina Rina, Hesti Pratiwi

Abstract


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuam untuk memperoleh bukti adanya pengaruh efektivitas pengendalian internal dalam melakukan tindakan kecurangan akuntansi dan memperoleh bukti adanya pengaruh moralitas individu dalam melakukan tindakan kecurangan akuntansi.

 

Desain/Metode/Pendekatan :Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda

 

Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata efektivitas pengendalian internal  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Artinya semakin baik efektivitas pengendalian internal maka tingkat kecurangan akuntansi akan semakin rendah. Selanjutnya moralitas individu berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Artinya semakin baik moralitas individu maka tingkat kecurangan akuntansi akan semakin rendah.

 

Kontribusi Praktik : Kontribusi Praktik untuk kedepannya perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui apakah Pengendalian Internal yang terdapat dalam instansi telah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk moralitas individu dari para karyawan perlu ditingkatkan dengan internalisasi nilai-nilai karakter dan budaya organisasi yang baik agar karyawan dapat bekerja secara jujur dan menghindari tindakan untuk melakukan Kecurangan Akuntansi.


Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A. 2014 Auditing & Jasa Assurance. Edisi Kelimabelas. Erlangga, Jakarta

Fridson, Martin and Fernando Alvarez. 2002. Financial Statement Analysis: A Practitioner’s Guide. 3rd Edition. Jhon Wiley & Sons., Inc, New York.

Karyono. 2013. Forensic Fraud. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Akmal, Yusrizal. (2019). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25. Aceh: Sefa Bumi Persada.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). (2007). Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan No. 01 Tahun 2007 : Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Jakarta : Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Bambang Hartadi. (1999). Sistem Pengendalian Intern dalam Hubungannya dengan Manajemen dan Audit. Yogyakarta: BPFE

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Kohlberg, L. 1995. Tahap-tahap Perkembangan Moral. Diterjemahkan Oleh John De Santo dan Cremers A. Yogyakarta: Kanisius.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2001). “Pertimbangan Atas Kecurangan dalamAudit Laporan Keuangan”.Standar Audit Seksi 316 (PSA No. 70).

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2001). “Pertimbangan Atas Pengendalian InternDalam Audit Laporan Keuangan” Standar Audit Seksi 319 (PSA No. 69)

Ananda Aprishella Parasmita Ayu Putri. (2014). “Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal dan Kepuasan Kerja terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Nominal (Volume III Nomor 1 / Tahun 2014). Hlm. 3-4. https://journal.uny.ac .id/index.php/nominal/article/view/2154. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2021.

Budiantari, Ni., Yuniarta, Gede., & Wahyuni, Made. (2017). “Pengaruh Efektivitas Pengendalian Internal, Profesionalisme Badan Pengawas, Dan Moralitas Terhadap

Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Kabupaten Badung. E-Journal S1 Ak (Vol : 8 No. 2 Tahun 2017). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/13639. Diakses pada tanggal 05 November 2021.

COSO. 2013. Internal Control – Intergrated Framework, Exdecutive Summary. www.coso.org. Diakses pada tanggal 05 November 2021.

Damayanti, Dionisia Nadya Sri. 2016. Pengaruh Pengendalian Internal Dan Moralitas Individu Terhadap Kecurangan Akuntansi (Studi Eksperimen pada Pegawai Bagian Keuangan dan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi.Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.https://eprints.u ny.ac.id/31684/1/SKRIPSI.pdf. Diakses pada tanggal 14Oktober 2021.

Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi.(2014). “Pengaruh Moralitas Individu Dan Pengendalian Internal Pada Kecurangan Akuntansi (Studi Eksperimen Pada Pemerintah Daerah Provinsi Bali)”.Tesis. Program Studi Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/9984. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2021.

Laboure, Katharina. 2020. Pengaruh Moralitas Individu dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Survei Pada RSU Kharisma Paramedika Wates). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/37888/2/162114016_full.pdf. Diakses pada tanggal 05 November 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ