PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, DAN AUDIT DELAY TERHADAP FEE AUDIT

F. Agung Himawan, Alda Amelia, Agus Suharwan

Abstract


Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh dari leverage, profitabilitas, kompleksitas perusahaan dan audit delay terhadap fee audit pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020.  

Desain/Metode/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling yang akan digunakan sebagai penentuan jumlah sampel, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 perusahaan, data perusahaan ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan periode 2016- 2020 dengan total sampel yaitu 195 laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) DER berpengaruh positif signifikan terhadap fee audit, (2) ROE berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap fee audit, (3) KP berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap fee audit, (4) ARL berpengaruh positif signifikan terhadap fee audit.

Keterbatasan: Dalam penulisan penelitian ini beberapa keterbatasan berkaitan adanya variabel  yang memiliki beberapa proksi sehingga perlu dijelaskan sesuai dengan prespektif penulis dalam menjelaskan hasil penelitian ini misalnya variabel kompleksitas perusahaan , leverage dan profitablitas. 


Full Text:

PDF

References


Sukrisno Agoes, Auditing (Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik), Edisi Keempat, Salemba Empat, Jakarta, 2012.

Binti Iin Khoirin Nisak, Pengaruh Kompleksitas Perusahaan, Fungsi Audit Internal, Risiko Perusahaan dan Ukuran KAP Terhadap Audit Fee, Universitas Negeri Semarang, 2020.

Copeland and Weston, Financial Theory and Corporate Policy, Addison-Wesley Publishing Company, 1992.

Arens, Elder, dan Beasley, Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintegrasi Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2015.

Mulyadi, Sistem Akuntansi, Edisi Keenam, Salemba Empat, Jakarta, 2010.

Iskak Jamaludin dan Dr. Gudono, MBA., Akt, Pengaruh Besarnya Perusahaan, Jenis Perusahaan, Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan dan Lamanya Waktu Audit serta Besarnya Kantor Akuntan Publik Terhadap Fee Audit, Universitas Gadjah Mada, Thesis, 1997

Jesslyn Cristansy dan Aloysia Yanti Ardianti, Pengaruh Kompleksitas Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran KAP Terhadap Fee Audit Pasa Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016, MODUS Vol. 30 (2): 198-211, ISSN 0852-1875 / ISSN (Online) 2549-3787.

Srinivasan Sankaraguruswamy and J Scott Whisenant, An Empirical Analysis of Voluntarily Supplied Client-Auditor Realignment Reasons, A Journal of Practice &Theory 23, 107-121, 2003.

Crista Lisu Pamasi, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Komite Audit, dan Ukuran KAP Terhadap Audit Delay, Institut Bisnis Nusantara, Jakarta, 2021.

J.C Dyer and A.J Mchugh, The Timeliness of The Australian Annual Report, Journal of Accounting Research, Vol. 13, No. 2, pp-204-219, 1975.

Drs. S. Munawir, Analisa Laporan keuangan, Edisi Keempat, Liberty, Yogyakarta,2010.

Irham Fahmi, Analisis Kinerja Keuangan, Alfabeta, Bandung, 2012.

Riri Fazriah, Pengaruh Intellectual Capital, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen dan Komite Audit Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan sebagai variabel Pemoderasi, Institut Bisnis Nusantara, Jakarta, 2020.

Agus Sartono, Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi), BPFE, Yogyakarta, 2011.

Agnes Sawir, Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,2009.

Lukman Syamsuddin, Manajemen Keuangan Perusahaan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2009.

Sofyan Syafri, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2008.

Tia Melinda dan Dedik Nur Triyanto, Pengaruh Risiko Perusahaan, Kompleksitas Perusahaan, Managerial Ownership dan Audit Partner RotationPra Dhita Fisabilillah, Rahmasari Fahria, dan Praptiningsih, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Risiko Perusahaan, dan Profitabilitas Klien Terhadap Audit Fee, Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 2020.

Mentari Puteri Pertiwi, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, dan Audit Delay Terhadap Fee Audit, Jurnal Akuntansi, Audit, dan Sistem Informasi Akuntansi (JASa), Vol3 No.2, 2019.

Rahmadi,S.Ag, M.Pd.I, Pengantar Metodologi Penelitian, Antasari Press, Kalimantan Selatan, 2011.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.

Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd, Tutut Dewi Astuti, SE.,M.Si.,Ak.,CA.,CTA, Endang Sri Utami, SE.,M.Si.,Ak.,CA, dan M. Budiantara, SE.,M.Si.,Ak.,CA, Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Gramasurya, Sibuku Media, Yogyakarta, 2017.

Nachrowi Djalal Nachrowi dan Hardius Usman, Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 2006.

Rochmat Aldy Purnomo, Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS, CV. Wade Group, Ponorogo, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ