PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Jennifer Jennifer, Veny Veny, Vianty Adella Santo

Abstract


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Institusional terhadap nilai perusahaan pada sub sektor perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018 hingga 2021

 

Desain/Metode/Pendekatan : Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2018 hingga 2021, yang dimana total perusahaan perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia berjumlah 46 perusahaan perbankan selama jangka waktu penelitian dilakukan. Dari 46 perusahaan perbankan, dalam penelitian ini hanya mengambil 15 perusahaan perbankan sebagai sampel penelitian, yaitu 5 perusahaan perbankan milik pemerintah dan 10 perusahaan perbankan milik swasta. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan dan laporan keuangan berkelanjutan. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode regresi linier berganda.

 

Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, Kepemilikan Manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kontribusi Teori : Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, Kepemilikan Manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan

 

Kontribusi Praktik/Kebijakan : Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap perusahaan dapat lebih memperhatikan tanggung jawab perusahaan, baik berupa tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) maupun tata kelola perusahaan yang baik.

 

Keterbatasan : Penelitian ini hanya dilakukan untuk melihat pengaruh 2 faktor dalam GCG dan juga CSR terhadap nilai perusahaan pada sektor perbankan.


Full Text:

PDF

References


Dika Putra, G. M. P., & Wirawati, N. G. P. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance pada Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 388. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i02.p09

Jumaizi, J., & Ngaijan, N. (2019). Company Value Improvement Through Funding Policy Based on Ownership Structure (Comparison Study At Conventional and Sharia Manufacturing Companies). International Journal of Islamic Business Ethics, 4(2), 689. https://doi.org/10.30659/ijibe.4.2.689-706

Jurnal, J., & Mea, I. (2022). THE EFFECT OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE ON FIRM JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 6(2), 1348–1371.

Krisnando, & Sakti, S. H. (2019). Pengaruh good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 73–95. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/268

Kurniati, S. (2019). Stock returns and financial performance as mediation variables in the influence of good corporate governance on corporate value. Corporate Governance (Bingley), 19(6), 1289–1309. https://doi.org/10.1108/CG-10-2018-0308

Nurfauziah, F. L., & Utami, C. K. (2021). Pengaruh Pengungkapan Csr Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Sub Sektor Tekstil Dan Garmen. Jurnal Akuntansi, 15(1), 42–70. https://doi.org/10.25170/jak.v15i1.1619

Nuryana, I., & Bhebhe, E. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. AFRE (Accounting and Financial Review), 2(2), 142–146. https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3261

Sari, P. N., & Husada, C. (2021). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Corporate Value Dengan Keputusan Investasi Dan Keputusan Pendanaan Sebagai Moderating. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jki.v21i1.335

Wahyudin, Y., Suratno, S., & Suyanto, S. (2020). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusi dan Komisaris Independen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Peran Integrated Reporting Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 7(02), 177–184. https://doi.org/10.35838/jrap.v7i02.1610

Yuliusman, Y., & Kusuma, I. L. (2020). Hubungan Good Corporate Governance dengan Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Oleh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(01), 91–102. https://doi.org/10.29040/jap.v21i1.1078


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ