PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Elida Rahmawati, Agustine Dwianika, Irma Paramita Sofia

Abstract


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja Lingkungan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode penelitian 2017-2021.

Desain/Metode/Pendekatan : Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan diperoleh 105 sampel dari 21 perusahaan Consumer Non Cyclicals tahun 2017 - 2021 yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang diunduh dari website Bursa Efek Indonesia yaitu, www.idx.co.id dan website resmi perusahaan Data penelitian diolah menggunakan Eviews 12 dengan model terbaik ialah Fixed Effect Model. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis jalur.

Hasil Penelitian : Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pertumbuhan Perusahaan dan Likuiditas berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, sedangkan Kinerja Lingkungan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan.

Kontribusi Teori : Freeman (1984) berpendapat bahwa stakeholder adalah seseorang atau sekelompok orang yang dipengaruhi dan mempengaruhi proses perusahaan dalam mencapai tujuannya. Teori ini menyatakan bahwa para pemangku kepentingan cenderung memiliki peran yang cukup kuat dalam hal operasional perusahaan. Penelitian Putra (2017), Yuliani (2021), Simanjorang (2020), Widyaningrum (2022) dan lainya menunjukan bahwa kienrja lingkungan dapat dipengaruhi oleh kinerja lingkungan, pertumbuhan penjualan, likuiditas danm CSR

Kontribusi Praktik/Kebijakan : Studi ini memberikan kontribusi untuk memperluas pengetahuan terkait dengan kinerja keuangan dengan menganalisis faktor yang mempengaruhinya yaitu kinerja lingkungan, pertumbuhan perusahaan, likuiditas dan antara Corporate Social Responsibility (CSR).

Keterbatasan : Keterbatasan pada penelitian ini terletak pada sektor dan tahun penelitian yang digunakan sehingga berdampak pada proses pengolahan data karena dilakukannya outlier data sehingga data yang digunakan pada penelitian ini perlu ditingkatkan lagi untuk penelitian selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I., & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Universitas Diponegoro.

Pardede, R., & Manurung, R. (2014). Analisis Jalur (path Analysis) : Teori Dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis (1st Edition). Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Adyaksana, R. I., & Pronosokodewo, B. G. (2020). Apakah Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Informasi Lingkungan ? InFestasi: Jurnal Bisnis Dan InFestasi, 16(2), 157–165.

Andara, S. B. (2022). Pengaruh Growth Firm, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(2).

Angelia, N., Kumalasari, D., & Jogi, Y. (2021). The Effect of Sales Growth and Independent Commissioner ’ s Supervision on Financial Performance : The Moderating Role of Corporate Social Responsibility. 197(Teams), 247–256.

Derila, C. P., Evana, E., & Dewi, F. G. (2020). Effect of Environmental Performance and Environmental Costs on Financial Performance with CSR Disclosure as Intervening Variables. International Journal For Innovation Education And Research, 8(01), 37–43.

Dewi, S. N. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 21(2), 144–150.

Jekwam, J. J., & Hermuningsih, S. (2018). Memoderasi Corporate Social Responsibility Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI. Upajiwa Dewantara, 2(1), 76–85.

Maria, A., Cahyana, K., Suhendah, R., Ekonomi, F., & Tarumanagara, U. (2020). Pengaruh Leverage, Firm Age, dan Sales Growth Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2, 1791–1798.

Nariman, A. (2022). Implikasi Liquidity , financial leverage , dan Kinerja Lingkungan Terhadap Financial Performance. Jurnal Akuntansi, 22(1).

Putra, Y. P. (2017). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening. BALANCE:Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 2(2).

Yuliani, E. (2021). Pengaruh Struktur Modal , Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kinerja Keuangan. 10(2), 111–122. https://doi.org/10.32502/jimn.v10i2.3108

Sarra, H. D., & Alamsyah, S. (2020). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Kinerja Perusahaan terhadap Pengungkapan CSR. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin, 2, 410–417.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ