ANALISIS RASIO SOLVABILITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Arham Arham, Arfianty Arfianty, Amanda Amanda

Abstract


Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu PT.Unilever Indonesia Tbk. Desain/Metode/Pendekatan:Dengan menggunakan rasio solvabilitas untuk mengetahui kinerja keuangan dalam kondisi baik atau buruk selama periode tahun 2017 sampai dengan tahun 2021.  Hal ini ditinjau dari neraca dan laporan laba/rugi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari internet melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id Hasil Penelitian : Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Debt To Asset Ratio tahun 2017 hingga 2021 berada pada kategori baik (solvable) karena aset yang dimiliki perusahaan cukup untuk menutupi hutang Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu PT.Unilever Indonesia Tbk. Desain/Metode/Pendekatan:Dengan menggunakan rasio solvabilitas untuk mengetahui kinerja keuangan dalam kondisi baik atau buruk selama periode tahun 2017 sampai dengan tahun 2021.  Hal ini ditinjau dari neraca dan laporan laba/rugi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari internet melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id Hasil Penelitian : Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Debt To Asset Ratio tahun 2017 hingga 2021 berada pada kategori baik (solvable) karena aset yang dimiliki perusahaan cukup untuk menutupi hutang

Full Text:

PDF

References


Ali, S. A. F. (2018). Analisis Kinerja keuangan pada Perusahaan PT. Surya Puzulindo Makassar. 21, 1–9.

Armereo, C, Agustina Marzuki, A. A. S. (2020). Manajemen Keuangan (cetakan pe).

David Wijaya. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya (Tri Yuli Kurniawati (ed.)). PT. Grasindo, Anggota IKAPI Nusa Litera Inspirasi

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan (Muslim A.Djalil (ed.)). IKAPI.

Gendro Wiyono, H. K. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan : Berbasis Corporate Value Creation (H. K. Gendro Wiyono (ed.); Cetakan Pe). STIM YKPM. https://doi.org/IOS10671.slims-13801

Haris Nurdiansyah, R. S. R. (2019). Pengantar Manajemen (Cetakan Ke). Diandra Kreatif.

Harmono. (2014). Manajemen Keuangan (Rini Rachmatika (ed.); Cetakan Ke). Bumi Aksara.

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan (Adipramono (ed.); Cetakan 3,). PT Grasindo.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan (Jakarta (ed.)). PT Raja Grafindo Persada.

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan.Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.CV.

Sukamulja, S. (2019). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi (F. M (ed.)). ANDI dengan BPFE.

Afrili, M. D. (2019). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI PT JIWASRAYA (Doctoral dissertation, Universitas of uhammadiyah Malang).

Aulia, W. (2017). Analisis rasio profitabilitas dan rasio solvabilitas untuk mengukur kinerja keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015 (Doctoral dissertation).

Azhari, N. (2018). Pengaruh Rasio Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan pada PT. Pelindo I (Persero) Cabang Belawan.

Azzahra, S. (2021). Analisis Rasio Solvabilitas terhadap Kinerja Keuangan PT Garuda Indonesia di Masa Pandemi. POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(1), 57-70.

Dewi, M. (2017). Penggunaan Analisis Rasio Likuiditas dan Solvabilitas untuk Mengukur Kinerja Keuangan di PT. Aneka Tambang Tbk. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 1(2), 102-112.

Oktaviani, E. B. (2019). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN RASIO (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk.). GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 11(2), 108-116.

Runtuwene, A., Pelleng, F. A., & Manoppo, W. S. (2019). Analisis Rasio Solvabilitas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Bank SulutGo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(2), 9-18.

Shintia, N. (2017). Analisis Rasio Solvabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Terhadap Asset dan Equity Pada PT Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Periode 2012-2015. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 1(1), 41-63.

Arfianty, A., Fatimah, F., & Maulidya, S. (2021). The Effect of Inflation and Currency Exchange Rates on Stock Price of Cigarette Sub-Sector on the Indonesia Stock Exchange. UNEJ e-Proceeding, 12-15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ