PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL DISTRESS DAN RISIKO LITIGASI TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR PLASTIK DAN KEMASAN PERIODE 2016-2020

Desika Andriani, Mohammad Yamin, Soni Wisnu Andoyo, Redempta Momot

Abstract


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, financial distress, dan risiko litigasi terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan manufaktur sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020.

Desain/Metode/Pendekatan : Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Dimana didapat 7 perusahaan sebagai sampelnya dari populasi sebanyak 17 perusahaan sub sektor plastik dan kemasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan prasyarat uji asumsi klasik, dilanjutkan dengan signifikasi secara parsial dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji T sedangkan untuk mengetahui secara simultan menggunakan uji F dengan tingkat signifikasi sebesar 5%.

 

Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukan hasil secara parsial (uji T) dengan memperoleh hasil ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi, financial distress memiliki pengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi begitu juga dengan risiko litigasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Dan  untuk hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukan hasil ukuran perusahaan, financial distress dan risiko litigasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Selain itu kemampuan prediksi dari ketiga variabel independent terhadap konservatisme akuntansi dilihat dari nilai koefisien determinasi sebesar 35,6% sedangkan sisanya 64,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di luar model penelitian.


Full Text:

PDF

References


Arifin, D. S., Sarita, B., Montundu, Y., & Madi, R. A. (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, ISSN: 2685- 5151, 11, 38–52.

Darmawan, A., Al Fayed, Y. F., Bagis, F., Cininttya, B., & Pratama. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Umur Obligasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi. Jurnal Manajemen, ISSN Cetak 1978-6573, 14.

Gunawan, H. (2020). Pengaruh Aktivitas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan.

Hery.(2017) Teori Akuntansi Pendekatan Konsep Dan Analisis. Jakarta: Grasindo

Noviantari, N. W., & Ratnadi, N. M. D. (2015). Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Pada Konservatisme Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, ISSN: 2302-8556, 3, 646-660.

Savitri, Enni. 2016. Konservatisme Akuntansi. cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Sahil

Supriyono, R.A. 2018. Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: UGM Press. Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : ANDI

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV Alfabeta : Bandung

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung

Sudaryono (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta, ANDI.

Suganda, T. R. (2018). Event Study Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal Indonesia. CV. Seribu Bintang, 53(9), 1689–1699.

Utama, E. P., & Titik, F. (2018). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, ISSN: 2355-9357.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ