PENGARUH PERPUTARAN (KAS, PIUTANG, PERSEDIAAN) TERHADAP LABA USAHA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR SEMEN DI BEI PERIODE 2016-2020

Holili Supriadi, Titis Tilam Sari, Marcellus Martandani, Nova Rezky Saputra

Abstract


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Sub Sektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2020.

Desain/Metode/Pendekatan : Populasi dalam penelitian ini yaitu Perusahaan Semen Periode 2016-2020. Sampel Penelitian sebanyak 20 Laporan Keuangan per tahun yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode regresi linier berganda dan uji asumsi klasik Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Laba Usaha, sedangkan variabel independenya adalah Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba Usaha sebesar 76,4% dan sisanya 23,6% dijelaskan oleh variabel diluar dari variabel yang digunakan dalam penelitian ini misalnya ROA, ROE dan lain-lain.

Hasil Penelitian : Untuk uji secara parsial (uji t) Perputaran Kas dengan t hitung 4,034 > t tabel 2,110, untuk Perputaran Piutang di dapat hasil t hitung -2,305 > t tabel 2,110, untuk Peputaran Persediaan di dapat hasil t hitung 5,469 > t tabel 2,110 hasil ini diketahui dengan hasil Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan berpengaruh signifikan terhadap Laba Usaha secara parsial dan Perputaran Piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Usaha secara parsial, sedangkan ketiga variabel tersebut diuji secara simultan (uji F) didapatkan hasil F hitung 21,497  > F tabel 3,20. Sehingga Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan berpengaruh signifikan terhadap Laba Usaha secara simultan.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Sri: Dwi Ari. 2010. Manajemen Keuangan Lanjut. Cetakan Graha Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dr.Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan Menengah. 2nd ed. Indonesia: Salemba Empat – Jakarta

Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. dan Anis Chariri. 2017. Teori Akuntansi. 3rd ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syarip. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasibuan. Melayu, 2014. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery, 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Angkasa.

IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), 2015, Standar Akuntansi Keuangan/IAI. Jakarta: Salemba

Ristono, Agus. 2009, Manajemen Persediaan, Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu

Setiawan, Agus. 2017. Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Gross Profit Margin (GPM), Returno On Equity (ROE), Terhadap Laba Bersih Pada PT. Bumi Serpong Damai, Tbk Periode 2009-2016. Skripsi yang tidak di publikasikan.

Sugiyono, Prof, Dr, 2016, “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna 2016. “Penelitian Akuntansi dengan SPSS” Edisi Lengkap. Yogyakarta. Penerbit Pustka Baru Press.

Febryany. 2016.

Pengaruh Kas, Pengaruh Piutang, dan Pengaruh Persediaan Terhadap Laba Usaha Pada Industri Farmasi Yang Tedapat di BEI.

Rahmasari. 2011. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Dagang Yang Tedaftar di BEI.

Nurafika, R.A. 2018. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Semen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ