PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI BELITUNG TIMUR

Vahrul David Arianto, Budi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengetahuan perpajakan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang ada di Belitung Timur, dengan populasi sebanyak 120 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu metode penyebaran kuesioner melalui google form menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan program perangkat lunak SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Belitung Timur.


Full Text:

PDF

References


Adi, T. W. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada Kpp Pratama Cilacap Tahun 2018. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2018.

Gandy. (2020). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Administrasi Pajak, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 1-7.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (versi kedua). Semarang: Badan Penerbit Undip.

Noor, J. (2015). Metodologi penelitian : skripsi, tesis, disertasi, & karya ilmiah. Kencana.

Nunuy. (2020). Peran Kewirausahaan Dalam Memperkuat UKM Indonesia Menghadapi Krisis Finansial Global. Working Paper In Accounting and Finance.

Nurhidayah, H. (2021, Agustus 14). Seberapa Patuhkah Pelaku UMKM dalam Membayar Pajak? Diambil kembali dari Pajak.com: https://www.pajak.com/pwf/seberapa-patuhkah-pelaku-umkm-dalam-membayar-pajak/

Pratama, A. T., & Dilla, S. (2022). PENGARUH HARGA, STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PRODUK, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAWLESS BURGERBAR KEMANG.

Sinta, F. (2022). Pengaruh Pemahaman Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kecamataan Pulau Punjung. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 1-12.

Sulaiman, F. (2021, Februari 3). Pandemi Covid-19: UMKM Naik Tinggi, Kepatuhan Pajak Melempem. Diambil kembali dari www.wartaekonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read326051/pandemi-covid-19-umkm-naik-tinggi-kepatuhan-pajak-melempem

Wujarso, R., Saprudin, & Napitupulu, R. D. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi, Vol. 29 No. 02.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ