PENGARUH PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, PEMBEBASAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT. SAMSAT KABANJAHE

Zulia Hanum, Siti Najunda Sari

Abstract


Wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor menjadi fenomena hangat di tengah kondisi tingkat kendaraan yang terus meningkat sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh program pemerintah yaitu Program Pemutihan Pajak Kendaraan bermotor, Pembebasan Bea Balik Kendaraan Bermotor, dan Sosialisasi Perpajakan terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor pada UPT. SAMSAT Kabanjahe. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adah wajib pajak yang kendaraannya terdaftar pada UPT. SAMSAT Kabanjahe. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : secara parsial program pemutihan pajak kendaraan bermotor, pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor, dan sosialisasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan  terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor. Secara simultan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor, dan sosialisasi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor.


Full Text:

PDF

References


Aliyudin, R. S. (2020). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Di Indonesia. J-AKSI: Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 1(1), 56–67.

Budiarti, F., & Fadhilah, H. (2022). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Pemutihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Kedaraan Bermotor Pada Pada Kantor Samsat Pajajaran 1 Kota Bandung. Riset Akuntansi Dan Perbankan, 16(1), 657–672.

Darmakanti, N. M., & Febriyanti, N. K. E. S. (2021). Efektivitas Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Masa Pandemi. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 2(2), 88–94.

Ferry, W., & Sri, D. (2020). pengaruh pemutihan pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di kota Palembang. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 18(1), 68–88.

Gustaviana, S. (2020). Pengaruh Program E-Samsat, Samsat Keliling, Pemutihan Pkb, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dan Operasi Kepolisian Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Di Ba. (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 20–29.

Hanum, Z. (2018). Analisis Penyampaian SPT Masa dan Jumlah Wajib Pajak Badan Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 21 di KPP Pratama Medan Belawan. Konomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 18(2).

Indonesia, U.-U. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan. , (2007).

Paparang, E. Y., Taroreh, F. J., & Honandar, I. R. (2020). Pengaruh Persepsi Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Kantor UPTD PPD di Sangihe Talaud Sitaro Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara). Universitas Katolik De La Salle.

Prananta, L., Sasana, W., Indrawan, I. G. A., & Hermawan, R. (2021). Pengaruh Program Pemutihan Pajak dan Pembebasan Bea Balik Nama Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. 5(2), 127–134.

Rialdy, N. (2022). Analisis Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Medan Selatan. 1(3), 413–423.

Riyanto, S. H. P. A., & Andiani, L. (2021). Pengaruh Insentif Pajak Pkb Dan Bbnkb Terhadap Pad Jawa Timur Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 183–187.

Samsudin, S. (2020). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Pelayanan Pajak Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Dompu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 162–175.

Saputra, D., Dewi, R. C., & Erant, G. P. (2022). Pengaruh Program Pemutihan Pajak, Pembebasan Bea Balik Nama, dan Sosialisasi Perpajaka Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 56–67.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Wahyudi, H., & Arditio, N. (2018). Pengaruh Tax Amnesty dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 18(2), 100–111.

Widajantie, T. D., & Anwar, S. (2020). Pengaruh Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, Dan Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Surabaya Selatan). Behavioral Accounting Journal, 3(2), 129–143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ