PENGARUH LITERASI KEUANGAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET PASCA COVID 19

Khoirul Fatah

Abstract


Tujuan penelitian: Model e-Wallet digunakan dalam penelitian ini untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi kecenderungan konsumen layanan transaksi digital dalam mengadopsi teknologi finansial (Fintech).

 

Desain/metode/pendekatan: Kajian ini termasuk penelitian kuantitatif, yang berfokus pada pemahaman permasalahan sosial berdasarkan kondisi dunia nyata atau lingkungan alam yang komprehensif, rumit, dan terperinci. Target sampling adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Salah satu teknik pengambilan sampel yang perlu diperhatikan adalah target sampling. Pengguna e-Wallet ShopeePay di Kota Pekalongan dijadikan sebagai sampel penelitian. Dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier dasar.

 

Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku berpengaruh secara positif dan signifikan Terhadap Penggunaan terhadap Penggunaan e-Wallet pasca Covid 19.

 

Kontribusi teori: Studi ini dapat menjadi panduan untuk menguji teori-teori terkini dalam perkuliahan dan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana Literasi Keuangan, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku yang Dirasakan berdampak pada penggunaan e-wallet setelah COVID-19 dengan cara yang menguntungkan dan patut diperhatikan. Temuan penelitian ini juga dapat digunakan untuk membandingkan teori yang ada saat ini dengan praktik nyata di industri.

 

Kontribusi praktik/kebijakan: Hasil penelitian ini bisa digunakan oleh pemangku kepentingan seperti Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pekalongan untuk dapat mengsosialisasikan dalam pemaksimalan penggunaan e-Wallet agar bisa memberikan kontribusi yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. penelitian ini dapat menjadi acuan bagi start-up atau start-up lain ketika ingin membuat sebuah sistem atau aplikasi e-Wallet agar memperhatikan usability terkait dengan usability dari sistem atau aplikasi e-Wallet.

 

Keterbatasan: Hal ini dimaksudkan agar variabel penelitian dapat diperluas lebih lanjut di masa depan sehingga mencakup lebih dari sekedar keramahan pengguna, sikap, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Variabel persepsi risiko dan keamanan sebaiknya dimasukkan sebagai variabel independen, menurut penulis. Alasannya, minat memanfaatkan sistem atau aplikasi mungkin dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Selain itu, peneliti mengusulkan agar objek penelitian dapat memanfaatkan objek e-Wallet lainnya, tidak hanya e-wallet ShopeePay saja.


Full Text:

PDF

References


Aji, H. M., Berakon, I., & Md Husin, M. (2020). COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1804181

Amanda, K. R., Ekonomika, F., Kristen, J. A., & Wacana, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Sistem Informasi Terkomputerisasi pada UKM ( Pendekatan Theory of Planned Behavior ). 9(1), 23–33.

Arif, N. A. I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Su Medan Pengguna Electronic Money Dengan Pengendalian Diri Sebagai Moderasi. Jurnal Darma Agung, 30(1), 736–760.

Biduri, S., Hariyanto, W., Loekitasari, S., & Irma Suryani, A. (2021). Apakah Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Berpengaruh Terhadap Intention To Use E-Money? In Jurnal Akuntansi Integratif (Vol. 7, Issue 1).

David Kristian Paath, R. M. (2019). Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto). Jurnal Humansi, 2(2), 38–45.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Djaddang, S., Ardiansyah, M., & Etc. (2021). Study Action Research : Literasi Akuntansi UMKM Berbasis ETAP dan Android Pada Era Covid-19 Normal Baru.

Esawe, A. T. (2022). Understanding mobile e-wallet consumers’ intentions and user behavior. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 26(3), 363–384. https://doi.org/10.1108/SJME-05-2022-0105

Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). The Utilisation of Digital Libraries as Electronic Learning Resources During the COVID-19 Pandemic at SMA Negeri 3 Batam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48.

Harris, Y. (2021). Determinan Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. 10(1), 165–178.

Hetika, & Faidah, Y. A. (2020). Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Untuk Menyusun Laporan Keuangan Pada UMKM (Studi Kasus pada Usaha Konveksi “Very Convection”). Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 9(1), 54–61. http://www.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/article/view/1686

Intarot, P. (2018). Influencing Factor in E-Wallet Acceptant and Use. International Journal of Business and Administrative Studies, 4(4), 167–175. https://doi.org/10.20469/ijbas.4.10004-4

Irianto, B. S. (2020). Mediasi Sikap Pada Pengaruh Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Ukm Di Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 1–13.

Jogiyanto, H. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi 6. In Yogyakarta: BPFE. BPFE.

Karim, M. W. et all. (2020). Factors Influencing the Use of E-wallet as a Payment Method among Malaysian Young Adults. Journal of International Business and Management, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.37227/jibm-2020-2-21/

Kaur, P., Dhir, A., Bodhi, R., Singh, T., & Almotairi, M. (2020). Why do people use and recommend m-wallets? Journal of Retailing and Consumer Services, 56, 102091. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102091

Kusumaningrum, A. (2022). Peran Persepsi Kontrol Perilaku dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Intensi Kewirausahaan Digital. Jurnal Ideas Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1485–1494. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1053

León, C. (2021). The adoption of a mobile payment system: the user perspective. Latin American Journal of Central Banking, 2(4), 100042. https://doi.org/10.1016/j.latcb.2021.100042

Muhammad Nuril Falah. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2).

Nashihuddin, W., & Anwar, S. (2017). Optimasi Layanan Perpustakaan Digital untuk Peningkatan Kapasitas Sosial Masyarakat. Konferensi Pusat Dokumentasi Dan Informasi Ilmiah LIPI, 2006, 1–13.

Prakosa, A., & Jati Wintaka, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Ulang E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Vol. 3, Issue 1).

Rahmatika, U., & Fajar, M. A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Model TAM-TPB Dengan Perceived Risk.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach (p. 170). Deepublish.

Shin, S., & Lee, W. J. (2021). Factors affecting user acceptance for NFC mobile wallets in the U.S. and Korea. Innovation and Management Review, 18(4), 417–433. https://doi.org/10.1108/INMR-02-2020-0018

Sulistyowati, R., Paais, L. S., & Rina, R. (n.d.). Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/isoquant

Undale, S., Kulkarni, A., & Patil, H. (2021). Perceived eWallet security: impact of COVID-19 pandemic. Vilakshan - XIMB Journal of Management, 18(1), 89–104. https://doi.org/10.1108/xjm-07-2020-0022

Venkatesh; Viaswanath, & Davis; Fred D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://www.jstor.org/stable/pdf/2634758.pdf

Wulandari, I. R., & Sumadi, S. (2020). Analysis of Behavior Using E-money With A TAM Approach (Technology Acceptance Model). Manajemen Bisnis, 10(1), 24. https://doi.org/10.22219/jmb.v10i1.10861


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ