Mekanisme Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Dewan Direksi Dan Komite Audit Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Tito Sumarsono, Adji Suratman, Gusmiarni Gusmiarni, Auditya Erlangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemilikan Institusional, Dewan  Komisaris ,Dewan Direksi dan Komite Audit terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan yang terdaftar Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 – 2016. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 44 perusahaan.Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan jumlah sampel 20 perusahaan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemilikan Institusional (X1) berpengaruh positif dengan hasil tidak signifikan, Dewan Komisaris (X2) berpengaruh positif dengan hasil tidak signifikan, Dewan Direksi (X3) berpengaruh positif dengan hasil tidak signifikan, Komite Audit (X4) berpengaruh positif dengan hasil tidak signifikan, Secara bersama-sama Kepemilikan Institusional, Dewan komisaris, Dewan Direksi, Komite Audit mempunyai pengaruh signifikan berkontribusi secara bersama-sama 9,4 % sisanya sebesar 90,6 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References

Adji Suratman. (2010). Good Corporate Governance Konsep dan Permasalahannya. Jakarta. Tintamas Indonesia.

Afandi, P., 2018. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA; Teori, Konsep dan Indikator, edisi 1. ed. Zanafa, Pekanbaru.

Ahmad Elqorni. (2009). Mengenal Teori Keagenan (All Management Insight).

(elqroni wordpress diakses 26 Februari 2009).

Ardianto dan Dian. (2015). Peningkatan Kinerja Keuangan melalui Mekanisme Good corporate governance. Management Dynamics Conference (MADIC). www.jurnal.unnes.ac.id

Boediono SB Gideon. (2005). Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. Simposium Nasional Akuntansi X.

Dewayanto, Totok. (2010). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perbankan Nasional. Jurnal FE Vol.5 No.2 Desember 2010: 104-123

Frysa Pradhita Purwaningtyas. (2011). Analisis Pengaruh mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

G. Suprayitno, dkk. (2004). Komitmen Menegakan Good Corporate Governance, The Indonesian Institute of Corporate Governance, Jakarta. The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

Damodar N Gujarati. (1995). Basic Econometric. New York: McGraw Hill Inc.

Joni Emirzon. (2007). Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance. Yogyakarta.

Genta Press.

Hexana Sri Lastanti. (2004). “Hubungan Struktur Corporate Governance dengan Kinerja Perusahaan dan Reaksi Pasar”, Konferensi Nasional Akuntansi: Peran Akuntan dalam Membangun Good Corporate Governance.

Marlupi Nanda Permata Sari. (2006). Analisis Kinerja Perbankan Dengan Menggunakan Metode Camel. Tesis. Universitas Brawijaya Malang.

Ndaruningpuri Wulandari. (2006). Pengaruh indikator Mekanisme Corporate

Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Fokus Ekonomi. Vol 1 No 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ