Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kota Medan

Mutia Arda, Dewi Andriany, Yayuk Hayulina Manurung

Abstract

Sampah merupakan masalah krusial yang dihadapi hampir semua wilayah di Kota Medan. Masalah-masalah tersebut lebih terkonsentrasi pada teknik operasional sampah dan manajemen pengelolaan sampah. Jumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) belum memadai, begitu juga dengan keterbatasan jumlah gerobak sampah, becak sampah dan truk pengangkut sampah yang tidak dapat mengangkut seluruh sampah yang ada di Kota Medan. Apabila hal terus dibiarkan maka akan banyak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pengelolaan persampahan dan memberikan rekomendasi strategi pengelolaan persampahan di Kota Medan. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang bermaksud mendeskripsikan suatu fenomena. Berdasarkan analisa SWOT pengelolaan persampahan Kota Medan berada di kuadran keempat yaitu strategi defensif. Posisi faktor internal dan eksternal sub-sektor persampahan pada kuadran ini menunjukkan bahwa kelemahan dan ancaman lebih dominan daripada kekuatan dan peluang. Adapun strategi yang dihasilkan antara lain : mendorong penyediaan fasilitas pengangkutan sampah, optimalisasi pengangkutan sampah, stimulus pengurangan sampah, penyediaan sarana TPS 3R, meningkatkan kesadaran warga, optimalisasi pendanaan APBD, pembangunan fisik TPA Sanitary Landfill, pengelolaan sampah berwawasan lingkungan.

Full Text:

PDF

References

Arda, M. 2019. Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 3(2), 434-440.

Arda, M. 2019. Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT. Perwira : Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia. Vol. 2 No. 1, Hal 61-69.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kota Medan Dalam Angka. Kota Medan.

Bahri, Syaiful dan Arda, M. 2019. Pengaruh Karakteristik Pengusaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Pada Kalangan Generasi Z. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), hal 265-273.

Daulay, Raihanah. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Usaha Mikro Di Kota Medan. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Vol 14. No.2, Hal. 110-121.

David, Freddy R. 2015. Personal Swot Analysis. Jakarta: Gramedia Utama

Gelbert M, Prihanto D, dan Suprihatin A, 2016. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup, PPPGT/VEDC, Malang.

Hadi, S.P. 2015. Metodologi Penelitian Sosial: Kualitatif, Kuantitatif dan Kaji Tindak. Program Magister Ilmu lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang.

Heng, L. S. 2010. Towards Sustainable Solid Waste Management System in Singapore. Presentation in WTERT Meeting, Oct. 7th 2010, NEA (didownload dari: http:// www. wtert.com.br/ home2010/ arquivo/ noticias_eventos/HENG.pdf, pada tanggal 1 Februari 2020).

Juliandi, Azuar dan Irfan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi kedua. Citapustaka Media Perintis. Bandung.

Kamali A, 2012. Kajian Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Dengan Pendekatan Ekonomi Lingkungan (Studi Kasus TPA Sampah JatibarangSemarang). Program Pascasarjana UNDIP, Semarang.

Rahardyan B. dan Widagdo A.S., 2015. Peningkatan Pengelolaan Persampahan Perkotaan Melalui Pengembangan Daur Ulang. Materi Lokakarya 2 Pengelolaan Persampaham di Propinsi DKI Jakarta.

Sudradjat R. 2016. Mengelola sampah Kota : Solusi Mengatasi Masalah Sampah Kota dengan Manajemen Terpadu dan Mengolahnya Menjadi Energi Listrik dan Kompos. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syafrudin, 2014. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Prosiding Diskusi Interaktif Pengelolaan Sampah Perkotaan Secara Terpadu, Program Magister Ilmu Lingkungan Undip, Semarang.

Terry, 2013. Pengantar Manajemen, Salemba Empat, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ