Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness, Health, and Safety (CHS) dalam Upaya Pemulihan Ekonomi di Kawasan Wisata Samosir

Yosie Rosanti, Irawan Irawan, M. Darma Tuah Putra

Abstract

Permasalahan kunjungan wisatawan di Samosir telah menjadi fenomena yang menimbulkan permasalahan terutama berkaitan dengan Customer Relationship Marketing, ditambah lagi permasalahan pandemi COVID-19. Untuk itu tujuan penelitian ini dilakukan sebagai upaya merumuskan strategi CRM dalam meningkatkan kuntungan tamu melalui konsep CHS. Narasumber penelitian ini adalah Manager Hotel dan tamu wisatawan yang ada di Samosir dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi CRM hotel – hotel di kawasan Samosir dapat dimodiifikasi dengan adanya kasus COVID-19. Hal ini terkait dengan peraturan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang telah menyiapkan protokol kesehatan di destinasi wisata berbasis alam di Indonesia. Penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata berbasis alam akan mengutamakan prinsip Cleanliness, Health, and Safety (CHS). Prinsip ini nantinya akan meningkatkan kepercayaan wisatawan terhadap destinasi dan industri pariwisata Indonesia pasca Covid-19. Objek wisata di Samosir membutuhkan pelaku komunikasi yang handal, baik dari industri pariwisata tersebut maupun Pemerintah daerah yang dapat meyakinkan dan menjamin agar sektor pariwisata dapat diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta peningkatan perekonomian nasional. CRM sebagai perwujudan dari komunikasi dengan prinsip CHS mampu membangun kepercayaan dan komitmen dengan wisatawan, memilih media yang tepat, meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi. Secara praktis, diharapkan PEMDA Samosir sebagai penggerak objek wisata Geopark dapat melakukan aktivitas-aktivitas tambahan untuk kemajuan wisata, diantaranya mengadakan pelatihan tentang relationship marketing dengan prinsip CHS, merekrut anggota yang expert di bidang relationship marketing, menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan, membangun kepercayaan dengan beberapa pihak dalam menstimulus informasi positif, serta mencari sponsorship untuk mengembangkan objek wisata Geopark agar lebih profesional.

Full Text:

PDF

References

Arofata, Mustafid(2011), Penerapan Strategi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Suatu Perusahaan. Yogyakarta : Jurnal Amikom.

Cangara, Hafied (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Geafindo Persada

Cutlip,Scott M,Allan H.Center, & Glen M.Brow (2007), Effective PublicRelations, Edisi kesembilan, Jakarta : penerbit Kencana.

Deddy Mulyana, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya

DeVito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Kharisma Publishing Group. Tanggerang Selatan.

Effendy, Onong Uchjana (2006), Ilmu Komunikasi – Teori dan Praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Kasali, Renald (2005). Manajemen PR: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Grafiti. Jakarta

Kotler, Philip and Keller Kevin Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran, EdisiKetigabelas. Jilid II. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Lestari dan Lubis, (2014), Analisis Strategi Customer Relationship Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Jurnal Ilmu Komunikasi.

Moore, (2004), Management Comunications. Alih Bahasa Marwan. Jakarta : CV. Terbit Ilmu.

Rangkuti, Freddy (2006).Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Siagian, P. Sondang, (2010). Manajemen Komunikasi, Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan Kesembilan.

Sugiyono, (2008).Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharto Abdul Majid (2009). Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sutaryo, (2005). Sosiologi Komunikasi, Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Tjiptono, Fandi, (2007), Perpektif Manajemen dan Kontemporer, Yogyakarta: Andi Offsett.

Umar, (2005), Organisasi dan Komunikasi. Bandung : CV. Graha Ilmu.

Wibowo, M.E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT Unnes Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ