Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Pajak Pada Perusahaan Asuransi

Ajeng Setio Mardiani, Siti Asmanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen pajak. Variabel independen yang digunakan yaitu profitabilitas, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan. Variabel dependen yang digunakan adalah manajemen pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. dengan 12 perusahaan yang ditentukan sebagai sampel. Meode analisis penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan program Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional secara parsial memiliki pengaruh negative signifikan terhadap manajemen pajak. Profitabilitas, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap manajemen pajak  Nilai koefisien determinasi sebesar 0,782998,menunjukkan bahwa seluruh variabel independen dapat menjelaskan variasi naik turunnya manajemen pajak sebesar 78,30%. Kata kunci manajemen pajak, profitabilitas, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan.

Full Text:

PDF

References

Alamsyah, M. R. 2016. Pengaruh Kepemilikan manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan.

Bringham, Engene. P., & Joel. F. Houston. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Yulianto, Ali. A) (11th. ed). Jakarta : Salemba Empat.

Idx. co.id.

Imelia, Septi. 2015. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Pfektif (ETR) pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. JOM FEKON. Vol. 2, No. 1.

Kurniasih, Tommy & M. M. R. Sari. 2013. Pengaruh Return on Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi. Vol. 18, N0. 1, hal 58-65.

Ngadiman & C. Puspitasari. 2014. Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012.Jurnal akuntansi. Vol. 18 No. 3.

Pohan, Chairil, A. 2018. Management Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis rev. ed). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pohan, H, T. 2009. Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusi, Rasio Tobin q, Akrual Pilihan, Tarif Pajak Efektif, dan Biaya Pajak ditunda Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Publik. Jurnal informasi, perpajakan, akuntansi, dan keuangan publik Vol. 4 No.2, hal 113-135.

Sinaga, R, R & I. M. Sukartha. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity Ratio, Size, dan Leverage pada Manajemen Pajak Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. E-jurnal akuntansi Vol. 22.3. ISSN: 2302-8556.

Tandiotong, M. 2015. Kualitas Audit dan Pengukurannya. Bandung : Alfabeta.

Zulkarnaen, Novriansyah. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Manajemen Pajak. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 5, No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ