Pencegahan Krisis Melalui Pemanfaatan Insentif Pajak dan Penerapan Lean Manufacturing

Eni Suharti, Siti Chanifah, Risa Tri Amanda

Abstract

Krisis ekonomi adalah kondisi yang tidak di inginkan oleh masyarakat, dimana kondisi ini menyebabkan dampak yang negative di beberapa sektor, usaha pemerintah dengan pemberian insentif Pajak diharapkan dapat mencegah terjadinya perluasan krisis,sementara lean manufacturing diterapkan oleh perusahaan dalam rangka peningkatan produktivitas dan efisiensi proses,sehingga perusahaan mampu bertahan dalam kondisi krisis, penelitian ini ditujukan sebagai pembuktian keefektifan insentif Pajak dan penerapan lean manufacturing dalam pencegahan krisis. Dengan populasi  perusahaan  industri yang berorientasi ekspor yang tercatat di departemen perindustrian wilayah banten dengan  total sampel sebanyak 96 perusahaan yang di hasilkan dari rumus slovin,alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah structur equation model (SEM) dengan pendekatan partial leas squar (PLS) dengan pengukuran outer model dan inner model,  hasil dari penelitian ini adalah variabel insentif Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan krisis sedangkan lean manufacturing tidak berpengaruh terhadap pencegahan krisis.

Full Text:

PDF

References

Anwar, R. S., & Putro, E. (2020). Strategi Pemulihan Ekonomi Desa Sukamekar pasca Pandemi Covid-19.

Erica, D., Vidada, I. A., Hoiriah, H., & Saridawati, S. (2020). Prosedur Penghitungan Insentif PPh Pasal 21 Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Perspektif, 18(2), 139–146.

FEBTIYANTO, Y., & SASANA, H. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penentu Pendapatan Per Kapita Sebagai Upaya Menghindari Middle Income Trap (Studi Kasus Indonesia) [PhD Thesis]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Hastuti, R. (2020). Stimulus Pajak dan Geliat WP: Melawan Belenggu Corona.

Jakfar, A., Setiawan, W. E., & Masudin, I. (2014). Pengurangan Waste Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(1), 43–53.

Kasmanto, Y. (2017). Pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah Dan Bi Rate Terhadap Indeks Harga Saham Jakarta Islamic Index Tahun 2011-2015 [PhD Thesis]. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Kurniawansyah, H., Amrullah, A., Salahuddin, M., Muslim, M., & Nurhidayati, S. (2020). Konsep Kebijakan Strategis Dalam Menangani Eksternalitas Ekonomi dari Covid-19 Pada Masyarakat Rentan di Indonesia. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 130–139.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86.

Suharti, E., & Rachmania, D. (2019). Tax Officer Services and Tax Justice as Preventive Action for Tax Evasion. Jurnal Akuntansi, 23(2), 285–300.

Yohendry, Y., Hapsara, O., & Surono, Y. (2017). Implementasi Kaizen Terhadap Efisiensi Biaya Produksi PT. Dasa Anugerah Sejati Asian Agri Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 2(2), 196–205.

Yunitasari, D. P. (2019). Minimalisasi Pemborosan Dengan Konsep Lean Manufacturing Menggunakan Value Stream Mapping Dan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus: PT Alis Jaya Ciptatama) [PhD Thesis]. Universitas Islam Indonesia.

Waluyo. (2013). Perpajakan Indonesia, Edisi 11, Jakarta, Salemba Empat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ