Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan di Food Courd UMJ

Nor Lailla, Irfan Tarmizi

Abstract

Penelitian ini berjudul “pengaruh kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli makanan di food courd UMJ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi masing-masing Kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli konsumen, serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. DataSumber yang digunakan adalah sumber data primer dengan   kuesioner dan data sekunder dari buku asal, jurnal, dan sastra. Populasi ditujukan kepada pelanggan konsumen yang membeli di foodcourd UMJ. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonmetode probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan Malhotra formula dengan jumlah sampel 96 orang. Metode analisis yang digunakan adalah linier berganda analisis regresi menggunakan SPSS 23. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan validitas uji, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis t dan uji F.Hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kesadaran halal dan Bahan makanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli makanan halal di food courd Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Full Text:

PDF

References

Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. (2012). The role of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim‟s purchasing intention. Paper presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819-1830.

Abdul Latiff, Z.A., Mohamed, Z.A., Rezai, G. and Ka

Ali, Yunus. 2012. Halal Branding: A Study of Moslem Consumers Perspective. On Proceedings of The 2nd Global Islamic Marketing Conference. Abu Dhabi. Pp 1-6

Ardayanti, A,. Nashril, T.T.A,. dan Helmi, A. (2013). A Study on Halal Food Awareness Among Muslim Customers in Klang Valley, 4th International Conference on Business and Economic Research, Bandung, Indonesia, paper 1073.

Arikunto, Suharsini. 2016. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Burhanuddin. 2011. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Malang: UIN-MALIKI PERS

Kotler,Philip and Gary Armstrong.2011.Principles of Marketing 14th ed. USA: Prentice Hall.

Martono, Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder; Ed. Revisi II. Jakarta. Rajawali Pers.

Nugraha, Ranu dan Mawardi, Kholid. M. 2017. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.51. No.2. Universitas Brawijaya. Malang

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. M200. Medan

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sariwati, M.S., Nurul, A.A. (2014). Halal Certification on Chocolate Product: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences 121 ( 2014 ) 104 – 112.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Yunus, N.S.N.M., et al. 2014. “Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer”. Procedia - Social and Behavioral Sciences 130 (2014) 145 – 154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ