Hubungan Terpaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Promosi Pada UMKM di Kabupaten Karawang

Ria Estiana, Nurul Giswi Karomah, Teddy Setiady

Abstract

Media sosial telah dimanfaatkan oleh UMKM di Kabupaten Karawang sebagai media promosi.terpaan pesan di media sosial UMKM dapat menjadi media promosi yang menguntungkan bagi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan media sosial terhadap efektivitas promosi yang dilakukan oleh UMKM di Kabupaten Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah followers media sosial UMKM di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dan teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas, yang berarti siapa pun yang secara tidak sengaja bertemu dengan karakteristiknya maka orang tersebut dapat digunakan sebagai sampel (responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat dan positif antara terpaan pesan melalui media sosial (X) dengan efektivitas promosi (Y), apabila terpaan iklan melalui media sosial tinggi maka efektifitas promosi juga akan meningkat.

Full Text:

PDF

References

Ardianto, elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah. (2015) Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Beck, T., Demirguc-Kunt, A., Levine, R. (2005). SMEs, growth and poverty: cross country evidence. Journal of Economic Growth 10 (3): 199-229.

E-Majalah Cooperative. (2017). Saatnya UKM Berbisnis Lewat Medsos. Kementrian Koperasi dan UKM.

E. Trihayuningtyas, dkk. (2018). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal. Vol 4 No. 1. Desember

Katua, N.T. (2014) The role of SMEs in employement creation and economic growth in selected countries. International Journal of Education and Research 2 (12): 461-472.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018)

Survei We Are Social. (2020). https://digitalreport.wearesocial.com. Diakses pada 23 Oktober 2020

Sugiyama, Kotaro dan Andree, Tim, (2011), The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World’s Most Innovative Advertising Agency, New York, United States: McGraw Hill Professional.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ