Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup

Ira Ramadhani, Prameswara Samofa Nadya

Abstract


Sebagai sebuah e-commerce yang menawarkan jasa marketplace, HIJUP merupakan pemain terdepan dalam bisnis fesyen Muslim. Namun, di tengah tingginya permintaan terhadap produk-produk industri halal, HIJUP masih kalah bersaing dibandingkan dengan e-commerce fesyen lainnya. Penelitian ini berupaya membuktikan pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap pembelian produk fesyen muslim, dengan studi kasus e-commerce HIJUP, dengan menggunakan data primer bersumber dari kuesioner untuk dianalisis menggunakan berbagai instrument statistik. Penelitian juga membandingkan rata-rata penilaian responden atas masing-masing variabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Meskipun rata-rata responden memberi penilaian sangat baik terhadap celebrity endorser yang dimiliki HIJUP, namun sebaiknya HIJUP fokus dalam upaya untuk meningkatkan brand image sehingga berdampak signifikan terhadap kenaikan keputusan pembelian dari masyarakat. Sejalan dengan hasil tersebut, peningkatan brand image dapat dilakukan dengan memanfaatkan situasi krisis akibat pandemi Covid-19, yaitu menyasar pelapak dan pelanggan HIJUP.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (2020). Statistik e-Commerce 2019.

Cahya, F.M., Wulan, I.A.D.P., & Damayanti, R. (2019). Analisis Celebrity Endorsment, Variasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 88-98.

Dermawan, Zulrama (2018). Peranan Celebrity Endorser dalam Menarik Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa UIN Alauddin). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Alauddin Makassar

DinarStandard (2018). State of the Global Islamic Economy Report. Driving The Islamic Economy Revolution 4.0.

idEA (2017). Studi e-Commerce 2016. https://www.idea.or.id/infografis/detail/studi-e-commerce-2016

Kementerian PPN/Bappenas (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2014 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia.

Kotler, P., K.L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Sabunwala, Z. (2013). Impact of Celebrity Brand Endorsement on Brand Image and Product Purchases. A Studiy for Pune Region of India. International Journal of Research in Business Management. 1(6): h: 37-42.

Setianingsih, Riana Dewi, Ika Barokah Suryaningsih, Lilik Farida (2016). Pengaruh Selebriti Pendukung dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Elzata Pada Mahasiswi Jember. Jurnal Universitas Jember.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Bisnis Pemasaran. Jogjakarta: Andi

www.hijup.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA)
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2776-1177

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ