Menggali Peran Auditor Perempuan dalam Audit Judgment

Annisaa Safitri Roosaningrum, Titik Agus Setiyaningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali seberapa besar keterlibatan auditor perempuan selama proses audit dalam pengambilan keputusan dengan menginterpretasikan peran dan tindakan yang dilakukan oleh auditor perempuan dalam penugasan audit. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretif, dan fenomenologi sosial sebagai pendekatan penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan tiga informan yang berasal dari berbagai Kantor Akuntan Publik yang berlokasi di Jakarta Selatan dengan kriteria yang sudah direncanakan, karena daerah Jakarta Selatan merupakan pusat bisnis Ibu Kota yang didukung dengan akses berbagai mode transportasi yang mudah serta memiliki jumlah Kantor Akuntan Publik lebih banyak dibandingkan wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran perempuan di Kantor Akuntan Publik yang dapat dilihat dari kemampuannya masing-masing, ketelitian yang dimiliki oleh individu yang dibutuhkan selama proses audit.

Full Text:

PDF

References

Agoes, S. 2004. Auditing. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat

Ahdiah, I. 2013. Peran-Peran Perempuan dalam Masyarakat. Jurnal Academica Fisip Untad, Vol. 05, No.02

Arens, Alvin A, dkk. 2014. Auditing dan Jasa Assurance (Edisi kelimabelas Jilid 1). Jakarta : Erlangga

Ari Susanti Indra Swari, U. L. (2016, Maret). Fenomena Penolakan Auditor Perempuan oleh Auditee Pandalungan. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, Vol. 1, No. 3.

Center for Audit Quality. 2014. Professional Judgment Resource. Washington : CAQ

Chotimah dan Kartika.2017. Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, dan Pengalaman Auditor terhadap Audit Judgment. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol. 6, No.1. ISSN :1979-4878

Cohen, Deborah. 2015. What Is Professional Judgmet?. Canada : Collage of Dietitians of Ontario Resume Summer.

Damayanti, F. 2018. Interplay Objektivitas dan Subjektivitas Professional Judgment dalam Rangkaian Proses Audit di Kantor Akuntan Publik. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia.

Denescu, Tatiana, dan Anca Chaira. 2014. Professional Judgment and Retience to Apply Sampling Techniques. Romania: Elsevier B.V.

Elder, J. Randal, dkk. 2011. Jasa Audit dan Assurance (Pendekatan Terpadu adaptasi Indonesia). Jakarta : Salemba Empat.

IFAC. 2010. International Standar on Auditing 200. Amerika Serikat : https://www.ifac.org

Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). 2014. Standar Audit 200 dam 320. Jakarta : https://iapo.or.id.

Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). 2008. Kode Etik Profesi Akuntan Publik. Jakarta : https://iapo.or.id.

Jamilah, Siti, Zaenal Fanani, dan Grahita Chandrarin. 2007. Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, dan Kompleksitas Tugas terhadap Audit Judgment. Makassar : Simposium Nasional Akuntasni X Unhas Makassar.

Kamayanti, A. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi Pengantar Religiusitas Keilmuan. Yayasan Rumah Peneleh. Jakarta. Cetakan ke-2.

Lestari, RA. 2018. Konflik Peran Auditor Internal dalam Perspektif Fenomenologi Alfred Schutz. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (adaptasi Indonesia). Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulawarman. 2010. Integrasi Paradigma Akuntansi : Refleksi atas Pendekatan Sosiologi dalam Ilmu Akuntansi. Malang : Jurnal Akuntansi Multriparadigma Vol.1, No.1.

Muthmainnah, L. (2006, Agustus). Membincang Kesetaraan Gender dalam Islam (Sebuah Perdebatan dalam Wacana Hermeneutik). Jurnal Filsafat, Vol.40, Nomor 2.

Nazaruddin. (2015). Posisi Gender dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Al-Qadau, Vol.2, Nomor 2, 226-229.

Nindito, Stefanus. 2005 Fenomenologi Alfred Schuts : Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Yogyakarta : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 2 No 1

Pasanda, Erna dan Paranoan N. 2013. Pengaruh Gender dan Pengalaman Audit terhadap Audit Judgment. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 6 (3)

Retnoningtyas, S (2017). Pengalaman Rasa Auditor Perempuan (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia

Sebastian, (2016). Mengenal Fenomenologi Persepsi Merleau-Ponty tentang Pengalaman Rasa, An International Journal of Philosophy and Religion.

Siagian, Rida MM, dkk. 2014. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap audit judgment (studi empiris pada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan provinsi Riau). Riau : JOM FEKON Vol 1 No 2.

Sobur, Alex. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sri Anggrainy, Z. B. (2018, Maret). Analisis Perbedaan Kinerja Auditor dilihat dari Perspektif Gender (Studi Empiris pada Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi Gorontalo). Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi, Vol.5, No.2.

Sriwinarti, Ni ketut dan Iwan Triyuwono. 2010. Pemilihan Paradigma Penelitian Akuntansi : Berdasarkan Pewarigaan dan Kecerdasan Manusia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma Vol 1 No 2.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhra, S. (2013, Desember). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Qur'an dan Implikasinya terhadap Hukum Islam. Jurnal Al-Ulum, Vol.13 Nomor 2.

Supraja, Muhammad. 2012. Alfred Schutz : Rekontruksi Teori Tindakan Max Weber. Yogyakarta : Jurnal Pemikiran Sosiologi Vol 1 No 2.

Syarifudin, A. 2017. Peran Strategis Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Masyarakat Religi. Jurnal Kajian Gender dan Anak, Vol. 12 Nomor 01.

Yustrianthe, Rahmawati H. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Audit Judgment Auditor Pemerintah. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol.4, No.2.

Zulaikha. 2007. Pengaruh Interaksi Gender, Kompleksitas Tugas dan Pengalaman Auditor terhadap Audit Judgment. Padang : Simposium Nasional Akuntansi 9.

http://kbbi.web.id

https://economy.okezone.com/read/2019/06/28/320/2072245/kronologi-kasus-laporan-keuangan-garuda-indonesia-hingga-kena-sanksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ