Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan

Raihanah Daulay, Susi Handayani, Ika Purnama Ningsih

Abstract

Impulse buying adalah suatu kondisi dimana konsumen merasa tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk yang dilihatnya, karena kondisi saat itu  dianggapnya mendukung untuk melakukan pembelian tersebut.Banyak faktor yang dapat memicu  terjadinya impulse buying diantaranya kualitas produk, harga, store atmosphere, dan sales promotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga store atmosphere dan sales promotion terhadap impulse buying konsumen  Department Store di Kota Medan. Sampel penelitian ini adalah siapa saja yang pernah berkunjung ke department store dalam waktu satu tahun terakhir,  jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi, regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, harga berpengaruh terhadap impulse buying,  Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Sales Promotion berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying.Secara simultan  kualitas produk, harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion berpengaruh terhadap Impulse Buying konsumen  Department Store di Kota Medan.

Full Text:

PDF

References

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andriany, D., & Arda, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial, 428–432.

Bismala, L., & Handayani, S. (2018). Narotama.

Daulay, R. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Mandiri Syariah di Kota Meda. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, Vol 12 No.

Daulay, R., & Manaf, A. A. (2017). Strategi & workshop kewirausahaan.

Daulay, R., & Saputra, R. (2019). Analysis Of Customer Relationship Management And Marketing Strategies Against Competitive Advantage On The Company â€TM s Distributor In Medan City. https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2018.2288694

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualtas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 30–43.

Hawkins, D., Best, R. J., & Kenneth A, C. (2001). Consumer Behaviour (Eigth). New Jersy: McGraw:Hill.

Jufrizen, J., Daulay, R., Sari, M., Nasution, M. I., Muhammadiyah, U., Utara, S., … Instagram, O. S. (2020). MODEL EMPIRIS PENINGKATAN KEPUASAN DAN NIAT BELI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN ONLINE SHOP INSTAGRAM, 10(2), 249–265.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Indeks). Jakarta.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran.

Kurnia, E. (2018). THE INFLUENCE OF STORE ATMOSPHERE AND SALESPROMOTION ON PURCHASING DECISIONS ( SURVEY ON SUPERMARKET HAPPY SUNGGAL ) Efry Kurnia, 578–584.

Levy;, & Weitz. (2007). Retailling Management (4 th). New York: McGraw:Hill.

Lisda. (2010). Menciptakan Impulse Buying. Jakarta: Erlangga.

Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 174–181.

Usman, G., & Farzand Ali, J. (2011). An Exploraty Studi of the Impulse Buying Behavior of Urban Consumers in Peshawar International Conference on Business and Economics Research, 1.

Utami, W. C. (2010). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Moderen di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Gitosudarmo, Indriyo (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi kedua, Cetakan keenam, Penerbit: balai Penerbitan Fakultas Ekonomi – Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Hawkins, Del.I., Roger J. Best, and Kenneth A. Conney (2001). Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. Eight Edition. New Jersey. McGraw:Hill.

Juliandi, Azuar, Manurung, Saprinal & Irfan (2015). Metodologi penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. Penerbit: UMSU PRESS, Medan.

Kurniawan, Denny & Kunto, Yohanes Sondang (2013). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emtion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 1 (2): 1-8.

Levy, M., Weitz, B. A (2007). Retailling Management (4th ed.). New York: mcGraw-Hill/Irwin.

Lisda, (2010). Menciptakan Impulse Buying. Majalah Informatika. Erlangga Jakarta.

Matahari│Matahari Retail. Sumber:www.matahari.co.id. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2018

Peter, J. Paul & Olson, Jerry C (2014). Perilaku konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Priansa, Donni Juni (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Ratnasari, Vika Ari, Kumadji, Srikandi & Kusunawati, Andriani (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis. 1 (1): 1-5.

Safirah, Yuniati (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulsiv Buying. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Supranto, J dan Limakrisna (2011),“Perilaku Konsumen dan strategi pemasaran”. Jakarta: Mitra Wacana Media

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012). “Pemasaran Strategic”. Edisi kedua. Yogyakarta. Penerbit Andi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ