Penilaian Dampak Investasi Sosial Program Baznas Microfinance Desa Menggunakan Metode Social Return On Investment (SROI)

Budi Asmita, Dyah R Andayani, R. Melda Maesarach

Abstract

BAZNAS Microfinance Desa (BMD) merupakan salah satu program pendayagunaan Zakat dan Infaq BAZNAS yang dikelola oleh Lembaga Program BAZNAS Microfinance (BMFi) sejak tahun 2018. BMD didesain untuk memberikan jasa layanan keuangan kepada para pelaku usaha mikro (mustahik) sebagai bagian strategi dalam penanggulangan kemiskinan. Penelitian ini mengambil objek BMD yang berlokasi di Kecamatan Gunungsari Kab Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk diukur kinerja dampak program dengan menggunakan metode Social Return On Investment (SROI) yang menghitung seberapa besar dampak sosial yang dihasilkan oleh program BMD yang telah dijalankan. Dalam perhitungan SROI nilai investasi input diperoleh dari total jumlah zakat dan infaq yang diterima mustahik serta biaya operasional yang dikeluarkan dalam rangka pembinaan dan pendampingan usaha mustahik. Sementara nilai dampak sosial diturunkan berdasarkan pemetaan dampak yang dirasakan stake holder yang telah didefinisikan sebanyak 10 jenis dampak. Berdasarkan analisa data, diperoleh nilai SROI sebesar 2,66 (> 1) yang berarti bahwa setiap investasi BAZNAS pada program BMD sebesar Rp.1, memiliki  manfaat sosial sebesar Rp.2,66 dengan kata lain manfaat sosial program yang dihasilkan lebih besar dari dana yang disalurkan. Dampak yang cukup signifikan mengalami perubahan bagi mustahik adalah meningkat/bertambahnya penghasilan setelah mendapat dana program BMD.

Full Text:

PDF

References

Budiono, A. (2012). Pengukuran Dampak Sosial: Sebuah Tinjauan Literatur Terhadap Metode, Keterbatasan dan Aplikasinya. Bina Ekonomi Vol 21 No 2, 132-139.

Jalal & Kurniawan. F (2013). Investasi sosial Perspektif CSR Strategis untuk mengembangkan Masyarakat oleh Perusahaan. Social Investment Indonesia: The Indonesian Social Invesment Forum

Nicholls, J., Lawlor, E., Neitzer, E., & Goodspeed, T. (2012). A Guide to Social Return on Invesment. London: The SROI Network.

Purwohedi, U. (2016). Social Return on Investment (SROI) : Sebuah Teknik untuk Mengukur Manfaat/Dampak Dari Sebuah Program atau Proyek. Yogyakarta: Leutikaprio.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ